15 December 2020, 17:27 WIB

Libur Nataru, Pengunjung Ragunan Diprediksi Capai 2.000 Orang


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/Andri Widiyanto
 MI/Andri Widiyanto
Petugas membersihkan kawasan Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta.

SAAT libur Natal dan Tahun Baru, jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan diprediksi mendekati kuota harian, yakni 2.000 orang.

Kuota harian sebanyak 2.000 orang per hari tentu jauh berkurang. Dalam hal ini, jika dibandingkan dengan libur Natal dan Tahun Baru pada 2019 lalu.

"Berkaca pada libur panjang kemarin, ada peningkatan jumlah pengunjung. Libur Natal dan Tahun Baru akan mendekati kuota harian," ujar Pengelola Promosi dan Pengembangan Usaha Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana saat dihubungi, Selasa (15/12).

Baca juga: Wagub DKI Tegaskan tidak Ada Perayaan Tahun Baru

Lebih lanjut, Ketut menjelaskan jumlah pengunjung pada libur Natal dan Tahun Baru mencapai 60 ribu orang pada 25 Desember 2019 dan 100 ribu orang pada 1 Januari 2020.

Di masa pandemi covid-19, jumlah pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan dibatasi hanya 2.000 orang pada Sabtu dan Minggu.

“Kalau kami bandingkan dengan libur Natal dan Tahun Baru sebelum covid-19 itu ramai. Ketika masa pandemi, ada pembatasan pengunjung,” imbuh Ketut.

Baca juga: PSBB Transisi, Taman Margasatwa Ragunan Masih Sepi Pengunjung

Masyarakat dikatakannya sudah mengetahui kebijakan pembatasan kuota kunjungan ke Taman Margasatwa Ragunan. Sebab, informasi tersebut sudah diedarkan melalui media sosial dan media massa. Ketut mengungkapkan belum ada rencana penambahan kuota kunjungan.

“Apakah nanti kuota ditambah, belum tahu,” pungkasnya.

Sejauh ini, Taman Margasatwa Ragunan tetap membuka layanan untuk wisatawan dengan membatasi kuota pengunjung. Anak di bawah 9 tahun, ibu hamil, dan lansia di atas 60 tahun, dilarang berkunjung. Taman Margasatwa Ragunan dibuka mulai pukul 08.00-15.00 WIB.(OL-11)

BERITA TERKAIT