10 June 2019, 06:35 WIB

Masyarakat Bantu Bayar Denda Pengemudi Trans-Jabodetabek


(Iam/J-1) | Megapolitan

Instagram
 Instagram
 10 anak remaja naikdi atas atap bus pada malam takbiran saat bus melewati terowongan Tanah Abang

PETISI bertajuk Bantu Pak Oki Bayar Denda Mayasari Bakti tembus angka Rp13 juta. No­minal tersebut berasal dari 346 donatur yang menyumbang melalui situs kitabisa.com.

Bantuan untuk sopir bus Trans-Jakarta bernama Oki mencapai Rp13.389.427 pada Minggu (9/6) pukul 15.39 WIB. Donatur yang peduli diperkirakan masih akan bertambah.

Petisi diinisiasi pemilik akun Diana Leiwakabessy sehubungan dengan keputusan manajemen operator Trans-Jabodetabek, Mayasari Bakti, menjatuhkan denda sebesar Rp1,2 juta kepada Oki.

Pengemudi bersangkutan dinilai bertanggung jawab atas naiknya 10 anak remaja ke atas atap bus pada malam takbiran. Dalam video yang viral  memperlihatkan saat bus melewati terowongan Tanah Abang, jarak antara atap bus dan tinggi terowongan sangat dekat sehingga hampir saja mencelakakan nyawa para remaja tersebut.

Untunglah Oki segera meng­hentikan bus sehingga beberapa hanya lecet-lecet. Menanggapi peristiwa tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta operator bus Trans-Jabodetabek menindak­ pengemudi. Anies juga akan bertindak membuat aturan larangan penumpang naik atap.

Mengikuti instruksi Gubernur DKI, operator telah menindak­ Oki. “Sanksinya bikin surat pernyataan sama sanksi administrasi. Iya, denda administrasi, (karena) kerusakan­ kendaraan,” jelas Manajer Operasional Mayasari Bakti, Daryono.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Oki terpaksa menghentikan kendaraan karena segerombolan­ remaja memasang badan ke tengah jalan. Jumlah mereka 50 ­orang. Kapasitas bus sekitar 40 orang sehinga 10 orang naik ke atap. Oki sudah meminta para remaja itu turun, tetapi tidak dipedulikan.  

Pengakuan Oki, para remaja menghentikan paksa saat bus melintasi Blok A Tanah Abang, Jakarta Pusat, menuju arah Karet. Mereka mengancam pengemudi agar mengantarkan ke tempat tujuan mereka.  

Berhubung kejadian itu bukan atas kehendak pengemudi, warganet terketuk meringankan­ beban Oki dengan menggalang dana untuk melunasi denda sebesar Rp1,2 juta. Reza Pratama yang mendonasikan Rp20 ribu meminta Oki selalu berdedikasi dan amanah dalam bertugas. (Iam/J-1)

BERITA TERKAIT