01 April 2023, 09:31 WIB

IMF Setujui Bantuan US$15,6 Miliar untuk Ukraina


Ferdian Ananda Majni | Internasional

Medcom.id
 Medcom.id
Ilustrasi

Dana Moneter Internasional (IMF) telah setuju menyalurkan paket bantuan senilai US$15,6 miliar kepada Ukraina. Bantuan tersebut diberikan guna mendukung pemulihan ekonomi di negara yang tengah dilanda konflik itu.

"Invasi Rusia telah menghancurkan perekonomian Ukraina, menyebabkan aktivitas menyusut sekitar 30% tahun lalu, menghancurkan sebagian besar stok modal dan memicu kemiskinan," tulis IMF dalam keterangan resmi, Jumat (31/3) waktu setempat.

Dari jumlah total yang disetujui oleh IMF, dana US$2,7 miliar sudah siap dikucurkan. Adapun, sisanya akan dikeluarkan secara berkala hingga empat tahun ke depan.

Baca juga: Jokowi: 47 Negara Telah Jadi Pasien IMF

Bantuan yang masuk ke program Extended Fund Facility (EFF) itu merupakan bagian dari paket dukungan keseluruhan yang nilainya mencapai US$115 miliar. Seluruh bantuan itu terdiri dari keringanan utang, hibah dan pinjaman dari lembaga-lembaga multilateral dan bilateral.

IMF baru-baru ini mengubah peraturan program pinjaman bagi negara-negara yang menghadapi ketidakpastian tinggi.

Baca juga: Rusia Tangkap Wartawan AS yang Diduga Lakukan Spionase

"Program empat tahun yang baru ini bertujuan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan keuangan serta melakukan reformasi struktural yang penting seiring dengan berlanjutnya perang," ujar Wakil Direktur Pelaksana IMF Gita Gopinath dalam sebuah pernyataan.

Pinjaman EFF adalah program pembiayaan besar pertama yang disetujui oleh IMF untuk sebuah negara yang terlibat dalam perang berskala besar. Program IMF untuk Ukraina yang sebelumnya dengan dana sebesar US$5 miliar telah berakhir tahun lalu.

"Invasi Rusia ke Ukraina terus memberikan dampak ekonomi dan sosial yang sangat buruk," tandas Gita Gopinath. (Z-11)

BERITA TERKAIT