30 March 2023, 05:26 WIB

Presiden Taiwan Melawat ke AS, Tiongkok Ancam Ambil Tindakan


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/TIMOTHY A. CLARY
 AFP/TIMOTHY A. CLARY
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (tidak menghadap kamera) menyapa pendukungnya di depan hotel tempat dia menginap di New York, AS. 

PRESIDEN Taiwan Tsai Ing-wen tiba di New York, Rabu (29/3), dalam lawatan yang memicu ancaman balasan dari Tiongkok jika ada pertemuan antara Tsai dan Ketua DPR AS Kevin McCarthy.

Tsai melakukan pemberhentian di AS dalam perjalanan ke Amerika Tengah untuk bertemu pemimpin Guatemala dan Belize dalam upaya memperketat hubungan diplomatik.

Dalam perjalanan pulang ke Taiwan, Tsai dijadwalkan mampir di California untuk bertemu McCarthy.

Baca juga: Perkuat Hubungan, Presiden Taiwan Bertolak ke AS dan Amerika Tengah

Tiongkok mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayah mereka yang akan direbut di masa depan. Berdasarkan kebijakan Satu China, tidak ada negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Beijing dan Taipei.

Beijing, Rabu (29/3) memperingatkan bahwa mereka akan mengampil tindakan tegas jika ada pertemuan antara Tsai dan McCarthy.

AS menanggapi pernyataan Tiongkok itu dengan meminta Beijing tidak berlebihan menanggapi kunjungan Tsai ke AS.

Baca juga: Hadapi Ancaman Tiongkok, Pejabat Tinggi AS Temui Presiden Taiwan

Di luar hotel Tasi di New York, puluhan demonstrasi pro-Tiongkok menggelar aksi dengan mengibarkan bendera merah sementara tidak jauh sekelompok pendukung Taiwan melakukan aksi yang sama.

Perwakilan Kedutaan Besar Tiongkok di Washington Xu Xuenyuan mengatakan dirinya telah bebricara langsung dengan pejabat pemerintah AS dan memperingatkan mereka untuk tidak bertemu Tsai.

"Kami meminta AS untuk tidak lagi bermain api terkait masalah Taiwan," tegas Xu kepada wartawan, mengacu pada kunjungan mantan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, tahun lalu.

Lawatan pelosi itu memicu latihan militer besar-besaran Tiongkok di Selat Taiwan. (AFP/Z-1)

BERITA TERKAIT