15 January 2023, 13:14 WIB

Inggris Kirim Tank Berat ke Ukraina, Rusia Beri Reaksi


Ferdian Ananda M | Internasional

AFP/ANATOLII STEPANOV
 AFP/ANATOLII STEPANOV
Ilustrasi tank di Ukraina

PERDANA Menteri Inggris Rishi Sunak berjanji menyediakan 14 tank Challenger 2 ke Ukraina. Hal itu menjadikan Inggris sebagai negara Barat pertama yang memasok tank-tank berat yang diminta Kyiv.

Janji tersebut mendapat reaksi cepat dari Rusia yang memperingatkan bahwa hal itu hanya akan mengintensifkan konflik.

“Membawa tank ke zona konflik, jauh dari mengakhiri permusuhan, hanya akan mengintensifkan operasi tempur, menghasilkan lebih banyak korban, termasuk di antara penduduk sipil," kata kedutaan Rusia di Inggris.

Sunak mengatakan tank-tank itu adalah tanda ambisi Inggris untuk mengintensifkan dukungan mereka ke Ukraina.

Sekutu Eropa telah mengirimi Kyiv lebih dari 300 tank Soviet yang dimodernisasi sejak Rusia menginvasi pada Februari 2022.

Tapi sejauh ini mereka menunda pengiriman tank-tank berat buatan Barat yang telah berulang kali diminta Ukraina untuk maju melawan penjajah Rusia.

Baca juga: Zelensky Sebut Rusia akan Tambah Tentara Cadangan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterima kasih kepada Inggris di Twitter karena membuat keputusan yang tidak hanya memperkuat mereka di medan perang, tetapi juga mengirimkan sinyal yang tepat ke mitra lain.

Pasukan Ukraina telah mengalami kerugian besar dalam pertempuran Soledar dan Bakhmut dalam beberapa bulan terakhir dan meminta sekutu negara itu memberikan lebih banyak dukungan.

Rusia mengatakanpasukannya telah merebut kendali atas kota Soledar yang dilanda perang di Ukraina timur, klaim kemenangan pertamanya dalam beberapa bulan kemunduran medan perang, meskipun Ukraina mengatakan pertempuran sengit masih berlangsung. (AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT