17 November 2022, 09:20 WIB

Raih 218 Kursi, Republik Dominasi DPR AS


Cahya Mulyana | Internasional

AFP
 AFP
Mantan Presiden AS Donald Trump berbicara di Mar-a-Lago Club di Palm Beach, Florida, Selasa (15/11/2022) bersiap bertarung di Pemilu AS 2024

PARTAI Republik mengambil kendali Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat. Partai besutan Donald Trump ini mengamankan basis legislatif untuk menentang agenda Presiden Joe Biden dua tahun ke depan atau hingga pemilihan presiden 2024.

Dua media yang melakukan hitung cepat yakni NBC dan CNN memproyeksikan kemenangan bagi Partai Republik dengan 218 di DPR AS dari total 435 kursi. Angka mayoritas ini memberikan Partai Republik kekuatan sebagai penyeimbang.

Biden memberi selamat kepada anggota DPR dari Partai Republik, Kevin McCarthy atas kemenangan partainya di DPR. Biden menambahkan bahwa dia siap bekerja dengan Partai Republik.

Biden mengatakan, pemilu paruh waktu minggu lalu, merupakan wujud penolakan kuat rakyat AS terhadap tuduhan pemilu curang, kekerasan politik dan intimidasi. "Juga menunjukkan kekuatan dan ketahanan demokrasi Amerika," katanya.

Sementara McCarthy mengatakan bahwa kemenangan partainya di DPR menjadikan Amerika siap untuk menempuh arah baru. Dia juga memastikan diri sebagai Ketua DPR AS untuk menggantikan Nancy Pelosi dari Partai Demokrat. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Polandia Sebut Rudal yang Mendarat di Negaranya Milik Ukraina

BERITA TERKAIT