23 October 2022, 10:00 WIB

Badai Roslyn Mulai Bergerak ke Pesisir Meksiko


Cahya Mulyana | Internasional

Alfredo ESTRELLA / AFP
 Alfredo ESTRELLA / AFP
   

KEKUATAN Badai Roslyn meningkat menjadi Kategori 3 pada Sabtu (22/10) seiring pergerakannya menuju pesisir Meksiko. Diperkirakan badai tersebut akan mendarat di wilayah utara resor Puerto Vallarta.

Kecepatan putaran angin Badai Roslyn mencapai 193 kilometer per jam pada Sabtu pagi, dan diperkirakan akan terus bertambah, menurut keterangan Pusat Badai Nasional atau NHC.

Badai Roslyn terakhir kali terdeteksi berada sekitar 321 km dari Cabo Corientes, dan terus bergerak dengan kecepatan 11 km/jam. NHC memprediksi badai tersebut akan mendekati Cabo Corrientes dan Puerto Vallarta pada Sabtu malam atau Minggu dini hari waktu setempat.

Baca juga: Di Florida, Korban Tewas Akibat Badai Ian Tembus 100 Orang

"Dalam hal seputar prakiraan, pusat dari Badai Roslyn akan bergerak secara paralel ke pesisir barat daya Meksiko hari ini, dan mungkin akan mendarat di sepanjang pesisir negara bagian Nayarit pada Minggu pagi," sebut NHC.

Walau kekuatannya mungkin melemah malam ini, Roslyn akan tetap mendekati kekuatan badai besar saat mendarat esok hari, Minggu (23/10). Komisi Perairan Nasional Meksiko mengatakan bahwa guyuran hujan deras dari Roslyn dapat memicu tanah longsor dan banjir.

Terjangan badai juga dapat memicu gelombang tinggi di area pesisir. Gubernur Negara Bagian Jalisco, Enrique Alfaro, mengatakan via Twitter bahwa segala aktivitas sekolah di kawasan dibatalkan Sabtu ini.

Alfaro juga mengimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas di area pantai atau pegunungan sepanjang akhir pekan. (CBS News/Cah/OL-09)

BERITA TERKAIT