19 October 2022, 21:36 WIB

Rusia Tersudut di Donetsk, Putin Umumkan Darurat Militer


Cahya Mulyana | Internasional

AFP
 AFP
Vladimir Putin

PRESIDEN Rusia, Vladimir Putin, menyampaikan keputusan darurat militer untuk empat wilayah yang dicaplok dari Ukraina yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson. Dia memerintahkan semua pasukan cadangan untuk maju ke garis depan.

"Kami bekerja untuk menyelesaikan tugas-tugas skala besar yang sangat sulit untuk memastikan keamanan Rusia dan masa depan yang aman, untuk melindungi rakyat kami," kata Putin.

Menurut dia, semua pasukan Rusia termasuk pasukan cadangan yang baru dimobilisasi diwajibkan untuk maju ke garis depan. "Mereka yang berada di garis depan atau menjalani pelatihan di lapangan tembak dan pusat pelatihan harus merasakan dukungan kami dan tahu bahwa mereka memiliki kami. negara besar, hebat, dan orang-orang bersatu di belakang mereka," tegasnya.

Ia mengaku landasan dari keputusan tersebut berdasarkan pada dekrit yang sudah ditandatanganinya. “Itu akan segera dikirim untuk persetujuan ke Dewan Federasi, dan Duma Negara akan diberitahu tentang keputusan itu,” kata Putin.

Putin juga menginstruksikan para pembantunya di kabinet untuk membentuk dewan koordinasi khusus di bawah Perdana Menteri Rusia, Mikhail Mishustin. Tujuannya untuk bekerja sama dengan daerah-daerah yang dicaplok guna meningkatkan upaya perang Moskow di Ukraina.

Ukraina dan sekutu Baratnya telah mengecam upaya Rusia untuk secara resmi mengklaim wilayah tersebut sebagai taktik perang yang tidak berarti. (OL-8)

BERITA TERKAIT