15 October 2022, 17:12 WIB

India Sukses Luncurkan Rudal dari Kapal Selam


Cahya Mulyana | Internasional

AFP/Arun SANKAR
 AFP/Arun SANKAR
Kapal induk Angkatan Laut India INS Vikrant yang diperkenalkan sebagai buatan lokal pada September 2022.

INDIA sukses meluncurkan sebuah rudal balistik dari INS Arihant, kapal selam bertenaga nuklir pertama buatan dalam negeri. Kementerian Pertahanan India menyebut peluncuran tersebut sebagai indikator meningkatnya kapabilitas militer negara.

"Ini merupakan bukti dari kompetensi kru dan juga validasi kapabilitas rudal balistik kapal selam India," ujar Kementerian Pertahanan India.

"Semua parameter operasional dan teknologi dari sistem senjata ini, yang diluncurkan dari INS Arihant di Teluk Bengali, telah melewati fase uji coba," tambah keterangan tersebut, Sabtu (15/10).

India saat ini menjadi negara keenam, di samping Tiongkok, Prancis, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS), yang memiliki kapal selam bertenaga nuklir dengan dipersenjatai rudal balistik.

Keberhasilan peluncuran rudal balistik tipe kapal selam (SLBM) juga menggarisbawahi upaya India dalam meningkatkan perangkat keras militer dalam negeri.


Baca juga: AS Janjikan Bantuan Senjata hingga US$725 Juta ke Ukraina


September lalu, India memulai debut kapal induk buatan lokal pertamanya, INS Vikrant, yang dipuji sebagai tonggak sejarah dalam upaya melawan pengaruh Tiongkok di kawasan.

INS Vikrant adalah salah satu kapal angkatan laut terbesar di dunia, dengan panjang 262 meter (860 kaki), dan mulai beroperasi setelah 17 tahun menjalani proses konstruksi dan pengujian.

Pemerintah India di bawah Perdana Menteri Narendra Modi baru-baru ini meluncurkan gelombang pertama helikopter serang buatan dalam negeri. Helikopter tersebut dirancang untuk digunakan di daerah dataran tinggi seperti Himalaya, di mana pasukannya kerap bentrok dengan Tiongkok.

India adalah salah satu importir senjata terbesar di dunia, yang saat ini sedang berusaha meningkatkan industri senjata dalam negeri karena saat ini masih bergantung pada persenjataan dari Rusia.

Kantor berita The Times of India melaporkan bahwa INS Arihant adalah kapal selam nuklir pertama buatan India yang diluncurkan pada 2009. Sejak saat itu, India telah mengembangkan dua rudal SLBM, salah satunya memiliki jangkauan hingga 3.500 kilometer. (Aljazeera/OL-16)

 

BERITA TERKAIT