04 October 2022, 06:15 WIB

Terima Penghargaan dari Zelenskyy, Yuddy Harap segera Ada Perdamaian di Ukraina


Mediaindonesia.com | Internasional

Dok.kbri
 Dok.kbri
Mantan Dubes RI untuk Ukraina Yuddy Chrisnandi (kiri) saat menerima penghargaan.

SEBAGAI negara yang menjunjung perdamaian, Indonesia berharap semua konflik bisa diselesaikan di meja perundingan, begitupun dengan perang yang saat ini masih terjadi di Ukraina. Indonesia berharap kedua negara yang bertikai bisa berdamai.

Hal iti diungkapkan mantan Dubes RI untuk Ukuraina, Yuddy Chrisnandi seusai menerima penghargaan Order of Merit Tingkat III dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. Penyematan tersebut dilakukan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina, Mykola S. Tochitskyy di Kementerian Luar Negeri Ukraina, Kyiv, Senin (3/10) lalu.

Dalam acara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina didampingi oleh pejabat KBRI Kyiv beserta mantan Dubes Ukraina di Indonesia, Volodymyr Pakhil, dan Direktur Wilayah IV (Asia-Pasifik) Kementerian Luar Negeri Ukraina, Olexander Nechytailo.

Pada kesempatan itu, Mykola S. Tochitskyy mengapresiasi upaya Yuddy dalam meningkatkan hubungan Indonesia dengan Ukraina pada masa tugasnya.

Pada kesempatan itu pula, Yuddy Chrisnandi mengucapkan terima kasih atas penghargaan dari Presiden Ukraina. Selain itu, ia juga memberikan buku yang disusunnya selama menjabat sebagai Duta Besar RI kepada Presiden Ukraina.

Di sela-sela acara pertemuan, turut dibahas pula rencana kehadiran Wakil Ketua Parlemen Ukraina ke Indonesia untuk bertemu dengan mitranya, Ketua MPR RI dalam rangka P20. Selain itu, Direktur Nechytailo menyampaikan bahwa rencana kehadiran Presiden Ukraina tergantung pada perkembangan situasi.

Yuddy Chrisnandi menyampaikan bahwa kehadirannya di Ukraina tidak saja untuk menerima penghargaan dari Presiden Ukraina, namun sebagai bentuk kepedulian masyarakat Indonesia kepada Ukraina. Selain itu, kehadirannya juga untuk menemui friends of Indonesia yang dikenalnya.

Kehadirannya di Ukraina juga untuk memberikan sedikit bantuan atas penjualan buku yang ditulisnya kepada friends of Indonesia sebagai ungkapan rasa solidaritas kepada rakyat Ukraina yang saat ini menghadapi situasi sulit.

Dia menyampaikan pula bahwa dalam setiap pertemuannya dengan wartawan di Indonesia, selalu menyatakan bahwa Indonesia mendukung Ukraina dan siap berperan dalam proses perdamaian. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT