27 September 2022, 09:36 WIB

Bertemu PM Jepang, Wapres Tekankan Kerja Sama Ekonomi Syariah hingga Peningkatan SDM


Kautsar Widya Prabowo | Internasional

BPMI Setwapres
 BPMI Setwapres
Wakil Presiden Ma;ruf Amin (kiri) dan PM Jepang Fumio Kishida di Istana Asakasa, Tokyo.

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Istana Akasaka, Tokyo, Senin (26/9). Dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf mendorong penguatan kerja sama di bidang ekonomi syariah dan industri halal, dalam sektor makanan, kosmetika, fesyen, dan pariwisata. 

“Indonesia siap menjadi mitra utama dalam pengembangan bisnis halal di Jepang, antara lain melalui penyusunan standar pariwisata ramah muslim pada destinasi wisata Jepang dan sertifikasi halal bagi produk Jepang,” ujar juru bicara Wapres, Masduki Baidlowi, dalam keterangan tertulis, Senin (26/9).

Selanjutnya, Wapres menekankan kerja sama dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Pihaknya juga menyampaikan aspirasi kepada Jepang yang kerap memberikan beasiswa dan pelatihan teknis untuk masyarakat Indonesia.

Baca juga: Wapres Bertolak ke Jepang untuk Hadiri Pemakaman Shinzo Abe

"Wapres berharap Jepang dapat terus mendukung upaya perluasan pengajaran Bahasa Jepang, pendidikan vokasi, dan penguatan masyarakat tanggap bencana,” ungkap Masduki.

Selain itu, Wapres berharap dukungan Jepang bagi penguatan ekosistem riset sehingga akan ada inovasi yang berkelanjutan di Tanah Air.

Menurut Masduki, PM Jepang juga berkomitmen membahas poin-poin strategis dengan pemerintah Indonesia agar penandatangan Indonesian-Japan Economic Partnersip agreement (IJEPA) pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali dapat terlaksana. 

“PM Jepang (juga) akan menindaklanjuti kerja sama keuangan dan industri halal dengan Indonesia, melalui arahan khusus kepada Kedutaan Jepang di Indonesia untuk mempersiapkan kerjasama keuangan syariah dan industri halal,” tambah Masduki.

Ma'ruf berangkat ke Tokyo, Jepang, Minggu (25/9). Wapres direncanakan untuk menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe.

Pada kunjungan kehormatan ini, Wapres didampingi Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Deputi Setwapres bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andy Rachmianto, dan Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri Santo Darmosumarto. (OL-1)

BERITA TERKAIT