25 September 2022, 16:17 WIB

Zelensky Kecewa Israel Emoh Bantu Persenjataan


Cahya Mulyana | Internasional

AFP
 AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

PRESIDEN Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengaku kecewa berat dengan sikap politik Israel. Selain tidak memberikan dukungan persenjataan, negeri Zionis itu juga enggan menjatuhkan sanksi untuk Rusia.

"Saya shock. Saya tidak mengerti. Israel tidak memberi kami apa-apa, tidak ada, nol," katanya.

Padahal, kata dia, Israel dalam posisi sama dengan Ukraina dalam mempertahankan teritorial. Israel lebih memilih menjual persenjataan daripada memberikannya kepada Ukraina.

"Saya mengerti bahwa mereka harus mempertahankan tanah mereka, tetapi saya telah menerima informasi bahwa Israel mengekspor persenjataannya ke negara lain," ujarnya.

Diketahui Israel menjual sistem pertahanan rudal Iron Dome ke Siprus. Tahun lalu, ekspor pertahanan Israel mencapai rekor US$11,3 miliar, dengan 41% pelanggannya berasal dari Eropa.

Israel hanya mengecam invasi Rusia di Ukraina namun tidak menjatuhkan sanksi. Negara Yahudi itu hanya mengirimkan peralatan pelindung seperti pelindung tubuh dan helm, serta bantuan kemanusiaan.

"Ada diskusi dengan para pemimpin Israel dan ini tidak membantu Ukraina. Mengapa tidak memberi kami pertahanan anti-pesawat?" tanya Zelensky.

Ia pun menuduh Israel berada dalam bayang-bayang pengaruh Rusia. Meskipun tuduhan itu tidak dapat dibuktikan. (Russia Today/OL-8)

BERITA TERKAIT