14 September 2022, 17:30 WIB

Ledakan Bom Pinggir Jalan Tewaskan 8 Orang di Pakistan


Ferdian Ananda Majni | Internasional

AFP/STR
 AFP/STR
Petugas medis membawa korban ledakan bom ke dalam mobil ambulans di Kota Kabal, lembah Swat, Pakistan, Selasa (13/9) malam.

BOM menewaskan mantan kepala milisi pro-pemerintah dan tujuh lainnya di Pakistan barat laut, kata para pejabat dalam serangan yang diklaim oleh Taliban setempat.

Ledakan itu terjadi Selasa (13/9) malam di Kota Kabal di lembah Swat, yang sebagian besar dikuasai oleh Taliban Pakistan selama pemberontakan 2007-2009.

Selama bertahun-tahun Islamabad mendorong pasukan main hakim sendiri suku yang dikenal sebagai komite perdamaian untuk mempertahankan desa mereka dari militan.

Sebagian besar telah dibubarkan sejak pemberontakan sebagian besar dihancurkan dan keamanan ditingkatkan di seluruh negeri.

Petugas polisi Distrik Swat Zahid Nawaz Marwat mengatakan kepada AFP bahwa mantan kepala komite perdamaian Idrees Khan tewas ketika truk pikapnya dihantam bom pinggir jalan.


Baca juga: Seorang Tentara Israel dan Dua Warga Palestina Tewas dalam Bentrokan Tepi Barat


Pejabat polisi setempat lainnya mengkonfirmasi jumlah korban tewas, termasuk dua polisi setempat, dua penjaga swasta dan tiga buruh.

Serangan itu diklaim oleh Tehreek–e-Taliban Pakistan (TTP) yang dilarang, yang mengatakan Khan terlibat dalam pembunuhan anggota mereka.

Kelompok itu juga mengaku bertanggung jawab atas bentrokan dengan militer Pakistan di mana tiga tentara tewas Selasa di Distrik Kurram, yang berbatasan dengan Afghanistan.

TTP mendeklarasikan gencatan senjata yang tidak terbatas pada Juni untuk memfasilitasi pembicaraan damai yang ditengahi oleh Afghanistan, tetapi ada bentrokan reguler sejak saat itu meskipun kedua belah pihak mengatakan gencatan senjata masih berlangsung.

Sejak Taliban kembali berkuasa di Afghanistan tahun lalu, Islamabad secara teratur mengeluhkan serangan oleh TTP, terutama di sepanjang perbatasan mereka yang keropos.

Taliban Pakistan dan Afghanistan adalah kelompok yang terpisah, tetapi memiliki ideologi yang sama. (OL-16)

BERITA TERKAIT