07 September 2022, 19:15 WIB

Dubes Rusia belum Pastikan Kehadiran Putin di KTT G20


Cahya Mulyana | Internasional

AFP
 AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin

DUTA Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva mengaku belum dapat mengonfirmasi kehadiran Presiden Vladimir Putin dalam KTT G20 di Bali pada November. Agendanya di Bali ditentukan situasi keamanan dan covid-19.

"Undangan telah diberikan Presiden Joko Widodo langsung kepada Presiden Putin. Kami sangat mengapresiasi undangan tersebut," katanya dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (7/9).

Menurut dia situasi Covid-19 dan keamanan paling menentukan keputusan Putin dalam menghadiri KTT G20. Namun Kedutaan Besar Rusia di Jakarta telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi kehadiran Putin di Bali.

Lyudmila mengatakan, tidak ada isu khusus yang akan dibawa negaranya untuk dibahas di KTT G20. Yang jelas, Rusia selalu mendukung prioritas presidensi Indonesia, yang berfokus pada pertumbuhan ekonomi global pascapandemi.

Meskipun kehadiran Putin belum dapat dikonfirmasi, namun Lyudmila menegaskan negaranya berpartisipasi hampir di semua kegiatan G20 Indonesia. Salah satunya dalam Cultural Ministerial Meeting di Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, kata Lyudmila, dua musisi Rusia hadir. Begitu pula dengan Ketua Parlemen Rusia yang akan hadir dalam Parliamentary G20 di Jakarta Oktober mendatang.

"Sekali lagi, ami mendukung penuh prrsidensi Indonesia di G20 dan sangat mengapresiasi posisi presiden dan pemerintah Indonesia," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT