01 September 2022, 12:16 WIB

Medsos Milik Trump tidak Ada di Play Store, Ini Alasan Google


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Chris DELMAS
 AFP/Chris DELMAS
Aplikasi media sosial milik mantan Presiden AS Donald Trump, Truth Social.

APLIKASI media sosial milik mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Truth Social, tidak akan diterima di Play Store hingga pengelola mematuhi aturan mengenai moderasi konten, termasuk ancaman kekerasan. Hal itu diungkapkan Google, Rabu (31/8).

Perusahaan internet itu mengungkapkan itu setelah pihak Trump mengaku tidak tahu mengapa aplikasi mereka tidak masuk dalam Play Store.

Seorang juru bicara Google mengatakan mereka telah memberi tahu Truth Social pada 19 Agustus bahwa aplikasi mereka melanggar kebijakan Play Store dan meminta dibuatnya sistem yang efektif unutk memoderasi konten dari para penggunanya agar bisa diterima platform itu.

Baca juga: Trump Taruh Rahasia AS di Tumpukan Majalah

Truth Social dinilai melanggar aturan Play Store karena memunculkan konten yang mempromosikan ancaman fisik dan kekerasan.

Truth Social masih bisa menampilkan aplikasi mereka di laman daring atau toko lain yang tidak melibatkan Google.

Hingga Rabu (31/8), Truth Social masih bisa ditemukan di App Store milik Apple, satu-satunya toko yang menyediakan aplikasi media sosial milik Trump tersebut.

Truth Social adalah jawaban Trump setelah aplikasi media sosial, seperti Twitter, mendepaknya karena mantan presiden AS dianggap sebagai pemicu serangan terhadap Gedung Capitol pada Januari 2021. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT