30 August 2022, 13:02 WIB

Tiongkok Sediakan Bantuan untuk Pakistan


Cahya Mulyana | Internasional

AFP
 AFP
Banjir di Pakistan

Presiden Tiongkok, Xi Jinping menyampaikan, belasungkawa atas bencana banjir bandang di Pakistan. Ungkapan tersebut ia sampaikan langsung kepada Presiden Pakistan, Arif Alvi, sekaligus berjanji akan memberikan bantuan kemanusiaan.

"Sebagai mitra kerja sama strategis di segala kondisi serta sahabat dengan hubungan kuat," kata Xi.

Xi juga menyatakan rasa simpati kepada keluarga korban tewas bencana ini, termasuk para korban luka, serta masyarakat di daerah-daerah terdampak. Tiongkok dan Pakistan telah lama berbagi suka dan duka, saling menjangkau, dan merespons tantangan besar, seperti bencana alam, secara berdampingan.

Tiongkok, kata dia, akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada guna mendukung Pakistan dalam upaya bantuan bencana. "Dengan upaya bersama antara pemerintah dan rakyat Pakistan, mereka akan dapat mengatasi banjir dan membangun kembali rumah mereka secepatnya," paparnya.

Sementara itu, Perdana Menteri (PM) Tiongkok, Li Keqiang, turut menyampaikan pernyataan serupa Xi kepada PM Pakistan, Shahbaz Sharif. Banjir bandang yang dipicu oleh hujan muson, menewaskan lebih dari 1.000 warga Pakistan. Kini, korban mengungsi di tempat yang aman dengan kondisi yang pas-pasan. (Xinhua/OL-12)

BERITA TERKAIT