27 August 2022, 14:46 WIB

Australia Kirim 1 Juta Dosis Vaksin PMK ke Indonesia


Cahya Mulyana | Internasional

Ist/Kementan
 Ist/Kementan
Menteri Pertanian Australia Murray Watt (kanan) bersama Menteri Pertanian Indonesia Syahrul Yasin Limpo.

AUSTRALIA melaporkan telah mengirim satu juta dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) ke Indonesia. Dosis tersebut akan didistribusikan ke daerah yang paling membutuhkan.

“Kami telah berhasil mencocokkan dosis sesuai dengan jenis PMK yang terdapat di Indonesia. Dosis ini akan sangat efektif memberikan perlindungan terhadap hewan ternak Indonesia,” kata Menteri Pertanian, Perikanan dan Kehutanan dan Menteri Penanggulangan Darurat Australia, Murray Watt, melalui keterangan tertulis Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Jumat (26/8).

Menurut dia, pengiriman untuk kali pertama ini menjadi bagian pendekatan tiga cabang guna mencegah PMK masuk Australia.

"Kami menjaga Australia bebas dari PMK dan membantu tetangga kami menangani wabah, memperkuat perbatasan biosekuriti kami dan meningkatkan kesiapsiagaan kami di dalam negeri,” ungkap Watt.

Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong, menambahkan dalam beberapa bulan ke depan, Australia akan kembali memasok AU$4,4 juta atau sekitar Rp45 miliar dalam bentuk vaksin PMK.

Bantuan ini juga sebagai bagian paket biosekuriti senilai AU$10 juta atau sekitar Rp103 miliar yang baru-baru ini diumumkan.

Baca juga: Peternak Sambut Baik Percepatan Vaksinasi PMK

Menurut Wong, keberhasilan pengiriman vaksin ini menunjukkan komitmen Australia untuk mendukung respons Indonesia terhadap wabah. "Ini juga menekankan hubungan kerja sama yang erat antara kedua negara," pungkasnya. (Cah/OL-09)

BERITA TERKAIT