24 August 2022, 06:30 WIB

India Pecat Tiga Perwira Terkait Insiden Penembakan Rudal ke Pakistan


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Jewel SAMAD
 AFP/Jewel SAMAD
Rudal BrahMos dipamerkan saat parade Hari Kemerdekaan India di New Delhi.

ANGKATAN Udara India, Selasa (23/8), memecat tiga perwira karena tidak sengaja menembakkan rudal ke negara tetangga Pakistan setelah menggelar penyelidikan selama satu bulan.

Misil supersonic BrahMos secara tidak sengaja diluncurkan dari sebuah pangkalan militer rahasia di utara India pada awal Maret sebelum rudal itu mendarat di wilayah Pakistan namun tidak menyebabkan korban jiwa maupun bangunan.

Angkatan Udara India, dalam sebuah pernyataan resmi, mengatakan dari penyelidikan disimpulkan bahwa tiga perwira bersalah karena melanggar prosedur operasi standar yang berujung pada kesalahan itu.

Baca juga: Menteri Perdagangan Pimpin Misi Dagang ke India Bukukan Potensi Ekspor US$3,2 Miliar

"Ketiga perwira itu bertanggung jawab atas insiden itu. Mereka telah dipecat oleh pemerintah," ungkap Angkatan Udara India dalam pernyataan resmi.

Islamabad mengatakan sebuah obyek supersonik terbang pada ketinggian 40 ribu kaki dari India dan mendarat di wilayah yang tidak berpenghuni pada 9 Maret lalu.

New Delhi dengan segera mengakui kesalahan mereka, yang disebut Islamabad bisa membahayakan pesawat komersial. Pakistan langsung mengajukan protes diplomatik.

India menyebut insiden itu sangat disayangkan dan berjanji akan melakukan penyelidikan.

Pakistan mempertanyakan protokol keamanan rudal India. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT