20 August 2022, 10:49 WIB

Taiwan Merapat ke AS, Tiongkok Berang


Cahya Mulyana | Internasional

AFP
 AFP
 Gedung Istana Kepresidenan Taiwan yang berlokasi di Taipei.  

Tiongkok dengan tegas menentang pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan Taiwan. Beijing menegaskan akan mengambil segala tindakan yang diperlukan untuk menjaga kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunan secara jelas.

“Kebijakan Satu Tiongkok merupakan persyaratan untuk partisipasi Taiwan dalam kerja sama ekonomi dengan negara-negara asing,” ujar Juru Bicara Kementerian Perdagangan Tiongkok, Shu Jue-ting.

Taiwan dan Amerika Serikat dikabarkan akan memulai pembicaraan perdagangan di bawah inisiatif baru. Kementerian Luar Negeri Tiongkok juga mengatakan bahwa negaranya akan mengambil tindakan tegas untuk mempertahankan integritas wilayahnya dan mendesak Amerika Serikat untuk tidak mengambil tindakan yang salah.

Taiwan dan AS sepakat untuk memulai pembicaraan perdagangan di bawah inisiatif baru. Kedua negara menginginkan kesepakatan baru.

Kami berencana untuk mengejar jadwal secara cepat untuk mencapai komitmen berstandar tinggi dan hasil yang berarti dalam mencakup sebelas bidang perdagangan dalam mandat negosiasi yang akan membantu membangun ekonomi pada abad ke-21 yang lebih adil, sejahterah, dan tangguh,” kata Deputi Perwakilan Perdagangan AS, Sarah Bianchi.

Kantor Perwakilan Perdagangan AS mengatakan bahwa kedua belah pihak telah mencapai konsensus dalam mandat negosiasi. Diharapkan pembicaraan pertama akan berlangsung pada awal musim gugur ini. (CNA/OL-12)

BERITA TERKAIT