08 August 2022, 21:45 WIB

Kemenlu Kembali Pulangkan 14 WNI Korban Penipuan dari Kamboja


mediaindonesia.com | Internasional

DOK.KEMENLU
 DOK.KEMENLU
Menlu Retno Marsudi berbicara dengan WNI korban penipuan perusahaan scam online di KBRI Phnom Penh, Kamboja, pekan lalu.

KEMENTERIAN Luar Negeri dan KBRI Phnom Penh kembali memulangkan 14 WNI korban penipuan berbasis daring (online scam) dari Kamboja.
 
Belasan WNI tersebut tiba dengan selamat dan dalam kondisi sehat di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, pada Senin (8/8) pukul 18.05 WIB.
 
"Kemenlu selanjutnya menyerahterimakan mereka ke Kementerian Sosial untuk rehabilitasi dan reintegrasi ke keluarga masing-masing," demikian keterangan tertulis Kemlu seperti dikutip Antara.
 
Keempat belas WNI tersebut terdiri atas 12 laki-laki dan dua perempuan. Mereka berasal dari Sumatra Utara, Sumatra Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat.


Baca juga: Indonesia Kutuk Kekejaman Israel di Gaza

 
Pemulangan ini merupakan lanjutan pemulangan yang dilakukan sebelumnya pada 5 dan 6 Agustus 2022, dengan total 39 WNI telah berhasil dipulangkan.
 
"Para WNI lainnya akan dipulangkan secara bertahap menyesuaikan ketersediaan penerbangan, proses BAP Kepolisian Kamboja, dan proses administrasi keimigrasian Kamboja," demikian keterangan dari Kemenlu.
 
Proses pemulangan tersebut merupakan tindak lanjut hasil pertemuan Menlu RI dengan Mendagri Kamboja dan Kepala Kepolisian Kamboja pekan lalu. (OL-16)
 
 

BERITA TERKAIT