27 July 2022, 16:30 WIB

Google Hadirkan Layanan Street View di India


mediaindonesia.com | Internasional

AFP
 AFP
Pengunjung berjalan di sekitar Kompleks Mehtab Bagh, Taj Mahal, saat India tengah dilanda kabut tebal.

GOOGLE Maps baru saja meluncurkan layanan Street View di India. Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat itu bermitra dengan perusahaan lokal India untuk pengumpulan data.

Awalnya, pemerintah India tidak mengizinkan layanan tersebut hadir di negara mereka dengan alasan keamanan. Laman Indian Express melaporkan Google Maps Street View diizinkan masuk, karena pemerintah meluncurkan kebijakan geospasial nasional pada 2021. 

Baca juga: Fitur Terbaru Google Meet, Mudahkan Siaran Langsung ke YouTube

Berdasarkan aturan tersebut, perusahaan lokal bisa mengumpulkan data dan memberikan lisensi kepada platform lain. Google bekerja sama dengan perusahaan lokal Tech Mahindra dan Genesis International untuk layanan Street View. 

Sejumlah perusahaan tersebut mengadakan Proyek Gullify untuk Street View di 10 kota. Hingga akhir 2022, mereka berencana menghadirkan Google Maps Street View di 50 kota wilayah India. 

Dalam dua tahun, mereka ingin memetakan 700.000 kilometer wilayah India pada aplikasi tersebut. Google sempat mencoba Street View di India, namun dihentikan pada 2011 karena mendapat protes dari kepolisian.(Ant/OL-11)

BERITA TERKAIT