27 July 2022, 14:22 WIB

Gempa Kuat Landa Filipina Utara Setidaknya Tiga Tewas


Mediaindonesia.com | Internasional

AGP/Kantor Polisi Kota La Trinidad.
 AGP/Kantor Polisi Kota La Trinidad.
Tim penyelamat di lokasi bangunan yang runtuh di La Trinidad, di provinsi Benguet pada 27 Juli 2022.

GEMPA berkekuatan 7,0 SR menewaskan sedikitnya tiga orang di Filipina utara, Rabu (27/7), merobohkan gedung-gedung, dan mengguncang menara-menara bertingkat lebih dari 300 kilometer jauhnya dari ibu kota Manila. Gempa dangkal tetapi kuat, kata Survei Geologi AS, melanda provinsi pegunungan dan berpenduduk sedikit, Abra, di pulau utama Luzon pada pukul 08.43 waktu setempat.

Gempa bumi dangkal cenderung menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada yang lebih dalam. Yang satu ini menyebabkan puluhan orang terluka, memicu tanah longsor, merusak gereja, dan padam listrik. 

Di Bangued, ibu kota Provinsi Abra, yang merasakan kekuatan penuh gempa, seorang wanita berusia 23 tahun tewas setelah tembok menimpa dirinya. Sedikitnya 62 orang terluka di provinsi tersebut.

Seorang pekerja konstruksi berusia 25 tahun di La Trinidad, ibu kota Provinsi Benguet, tewas ketika gedung tiga lantai yang sedang dikerjakannya runtuh. Tujuh pekerja lain lolos tanpa cedera.

Yang lain tewas ketika dia jatuh dari lokasi konstruksi di pegunungan Provinsi Kalinga. Delapan orang juga terluka.

"Saat bangunan berguncang dan tembok retak di kotamadya Dolores di Abra, orang-orang berlarian keluar," kata Mayor Polisi Edwin Sergio kepada AFP. "Gempanya sangat kuat," kata Sergio. 

Baca juga: Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Filipina

Jendela pasar lokal pecah. "Sayuran dan buah-buahan yang dijual di pasar juga berantakan setelah meja terguling." Video yang diposting di Facebook dan diverifikasi oleh AFP menunjukkan retakan di jalan aspal dan tanah, Bangued.

Sejumlah korban luka di Bangued dibawa ke rumah sakit, kata kepala polisi Mayor Nazareno Emia kepada AFP. "Beberapa bangunan di sini retak-retak. Listrik padam dan internet juga," tambahnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT