19 July 2022, 22:22 WIB

Jet Israel kembali Serang Pos Hamas di Gaza


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Mahmud Hams.
 AFP/Mahmud Hams.
Kebakaran terlihat setelah serangan udara Israel di kota Gaza pada 16 Juli 2022.

TENTARA Israel melancarkan serangan pada Selasa (19/7) terhadap posisi milik gerakan Islam Hamas di Jalur Gaza, setelah tembakan dari daerah kantong Palestina itu.

"Menyusul penembakan peluru dari Jalur Gaza ke Israel, IDF (militer) saat ini menyerang pos militer Hamas di Jalur Gaza utara," kata militer dalam suatu pernyataan. Ia menambahkan di Twitter bahwa jet tempur melakukan serangan itu.

"Sebelumnya hari ini (Selasa), satu peluru ditemukan di komunitas Netiv Haasara," kata pernyataan militer itu. Ia merujuk pada komunitas pertanian Israel yang berdekatan dengan perbatasan utara Gaza.

Baca juga: Bela LSM Palestina, Pengacara HAM Israel Diancam Pemerintahnya

"Setelah penyelidikan, ditemukan bahwa peluru itu mengenai bangunan industri hari ini setelah ditembakkan dari Jalur Gaza," tambah militer.

Seorang saksi di daerah Beit Hanoun Gaza mengatakan kepada AFP bahwa mereka melihat beberapa serangan di situs keamanan yang dikendalikan oleh Hamas, kelompok militan yang menguasai daerah kantong itu.

Serangan terbaru terjadi setelah pesawat tempur Israel menargetkan situs Hamas di Jalur Gaza selama akhir pekan sebagai tanggapan atas tembakan roket dari daerah kantong itu, kata militer.

Baca juga: Israel Dapat Masuk Daftar Hitam PBB atas Pembunuhan Anak Palestina

Baku tembak itu terjadi beberapa jam setelah Presiden AS Joe Biden mengunjungi Israel dan Tepi Barat yang diduduki.
"Pos militer itu terdiri dari kompleks bawah tanah yang berisi bahan baku yang digunakan untuk pembuatan roket," kata tentara Israel pada Sabtu.

Serangan akhir pekan itu, "Akan secara signifikan menghambat dan merusak kemampuan pembangunan kekuatan Hamas," katanya. Ia menambahkan bahwa Israel menanggapi serangan dari Jalur Gaza di wilayah Israel. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT