06 July 2022, 14:00 WIB

Bersejarah, Presiden Palestina dan Pemimpin Hamas Bertemu di Aljazair


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Kantor Pers Otoritas Palestina.
 AFP/Kantor Pers Otoritas Palestina.
Presiden Palestina Mahmud Abbas berjabat tangan dengan Presiden Aljazair Abdelmajid Tebboune dan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh.

PRESIDEN Palestina Mahmud Abbas dan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh bertemu secara terbuka untuk pertama kali dalam lebih dari lima tahun. Ini terjadi di sela-sela perayaan ulang tahun kemerdekaan Aljazair.

Penyiar negara Aljazair melaporkan Selasa (5/7) malam bahwa perwakilan dari Otoritas Palestina dan gerakan Islam Hamas juga menghadiri pertemuan ini yang disebutnya bersejarah. Abbas dan Haniyeh dipertemukan dalam pertemuan dengan Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune yang negaranya tengah memperingati 60 tahun kemerdekaan dari Prancis.

Keduanya secara resmi terakhir bertemu tatap muka di Doha pada Oktober 2016. Partai Fatah sekuler pimpinan Abbas mendominasi Otoritas Palestina dan menguasai Tepi Barat yang diduduki Israel.

Fatah berselisih dengan Hamas sejak pemilihan umum pada 2007, ketika kelompok Islamis tersebut menguasai Gaza. Tebboune dan Abbas juga menandatangani dokumen untuk memberi nama jalan Aljazair di kota Ramallah, Tepi Barat.

Baca juga: Iran Bersumpah Dukung Suriah Lawan Israel

Selain Abbas dan Haniyeh, Tebboune pada Selasa menjadi tuan rumah bagi beberapa pejabat asing. Mereka menyaksikan parade militer besar-besaran untuk memperingati kemerdekaan pada 1962 ketika Aljazair membebaskan diri dari 132 tahun pendudukan Prancis. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT