29 June 2022, 09:46 WIB

Beijing dan Shanghai Telah Lepas dari Bayangan Penularan Omikron


 Fetry Wuryasti | Internasional

Leo RAMIREZ / AFP
 Leo RAMIREZ / AFP
Foto diambil pada 18 Juni 2022, tampak seorang penumpang dengan APD tertidur di Bandara Internasional Shanghai Hongqiao, Shanghai.  

DUA kota di Tiongkok yaitu Beijing dan Shanghai akhirnya lepas dari bayang-bayang penularan kasus Omikron setelah perjuangan selama sebulan.

Keduanya melaporkan nol infeksi kasus Ccvid-19 baru pada hari Senin (27/6), pihak berwenang mengumumkan pada hari Selasa (28/6).

Beijing menghabiskan 19 hari untuk menjinakkan lonjakan covid baru, sebagian besar berpusat di sekitar infeksi cluster terkait bar Heaven Supermarket yang pertama kali terdeteksi pada 9 Juni 2022.

Dalam waktu kurang dari 72 jam, infeksi ditemukan menyebar di 14 distrik dan Pusat Teknologi Ekonomi Beijing.

Luasnya penyebaran covid-19 membuat "tantangan dan ujian yang belum pernah terjadi sebelumnya" terhadap respons anti-epidemi Beijing dengan populasinya yang padat dan kecepatan transmisi yang cepat, China Youth Daily melaporkan.

Dalam lima hari berikutnya dari 10-14 Juni, infeksi baru harian melebihi 50 kasus. Hingga Selasa, jumlah total infeksi telah mencapai 398 kasus.

Wabah terkait bar milik rantai transmisi yang sama ditemukan dalam gejolak sebelumnya yang dimulai dari 22 April dan ditelusuri ke dua dekorator rumah dari Distrik Shunyi kota, yang melaporkan total 1.831 kasus yang terinfeksi.

Baca juga: Beijing dan Shanghai Laporkan Nol Kasus Lokal Covid-19 Pertama

Mengingat situasi yang membaik, pihak berwenang Beijing mengumumkan dimulainya kembali kelas tatap muka.

Siswa sekolah dasar dan menengah di kota yang telah tinggal di rumah mengambil kelas online selama hampir dua bulan karena munculnya kembali covid-19, kembali ke kampus di bawah gerimis ringan pada hari Senin, mengikuti langkah-langkah pencegahan dan pengendalian epidemi yang ketat.

Taman hiburan Universal Beijing Resort juga dibuka kembali untuk pengunjung pada hari Sabtu, meskipun dengan kapasitas terbatas, setelah jeda hampir dua bulan.

Data platform penjualan tiket menunjukkan bahwa pemesanan untuk taman hiburan melampaui semua taman lain di Tiongkok, yang mendasari popularitas resor serta percepatan pemulihan sektor pariwisata di Beijing setelah virus dikendalikan.

Shanghai Disney Resort, taman hiburan paling dicintai di Tiongkok selain Beijing Universal Resort, juga mengumumkan akan dibuka kembali pada hari Kamis (30/6), dan tiket akan tersedia untuk dijual mulai Rabu (29/6).

Langkah-langkah kesehatan dan keselamatan yang diperkuat akan diterapkan setelah resor dibuka kembali.

Pada hari Senin (27/6), Ketua Partai Komunis Tiongkok Kota Beijing, Cai Qi, mengatakan di Kongres Partai Komunis Tiongkok ke-13 Beijing bahwa kota itu berjanji untuk melakukan upaya tak henti-hentinya pada pencegahan dan pengendalian epidemi secara teratur.

Cai Qi juga mengatakan bahwa pemerintah Kota Beijing memberlakukan kebijkan secara tegas untuk mencapai nol covid-19. Beijing juga menerapkan "deteksi dini, pelaporan awal. karantina dini dan pengobatan dini.

Shanghai, setelah keluar dari bayang-bayang gelombang Omikron selama tiga bulan.

Shanghai ,juga mengumumkan pada hari Minggu (26/6) dimulainya kembali beroperasinya restoran untuk dikunjungi pembeli mulai Rabu (29/6).

Selama ini, restoran yang dibuka hanya di kawasan keles atas, namun di kawasan kelas menengah dan bawah belum boleh beroperasi. Namun akhirnya dalam sepekan terakhir, Shanghai melaporkan nol kasus covid-19. 

Dengan memberlakukan penguncian seluruh kota selama dua bulan yang dicabut pada 1 Juni, otoritas Shanghai akhirnya menyatakan kemenangan melawan putaran terakhir wabah, setelah dua hari berturut-turut tidak ada infeksi baru yang dilaporkan di kota itu. (Globaltimes/Try/OL-09)

 

 

BERITA TERKAIT