27 June 2022, 20:30 WIB

Menkominfo dan Dubes Bulgaria Bahas Potensi Kerja Sama Sektor Digital


mediaindonesia.com | Internasional

Ist
 Ist
Menkominfo RI Johnny G Plate dan Dubes Bulgaria Peter Andonov bahas potensi kerja sama di sektor digital, Senin (27/6).

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate bersama dengan Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia Petar Andonov bertemu dan berdiskusi membahas potensi kerja sama di sektor digital antara Indonesia dan Bulgaria.
 
"Kami mendiskusikan potensi kerja sama Indonesia dan Bulgaria di bidang atau di sektor digital. Termasuk di dalamnya kerja sama yang
berhubungan dengan riset dan pengembangan di sektor digital, juga kami mendiskusikan secara khusus yang berkaitan dengan penanganan cyber security atau keamanan siber," kata Johnny dalam konferensi pers di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (27/6).
 
Bahasan mengenai keamanan siber menjadi salah satu fokus diskusi antara Johnny dan Andonov sehingga dapat saling menguatkan ruang digital antarnegara dengan potensi kerja sama baik secara bilateral ataupun bentuk kerja sama lainnya.
 
Potensi kerja sama ini menjadi peluang baik bagi Indonesia maupun Bulgaria untuk menciptakan ruang digital yang aman bagi masyarakatnya dan terhindar dari kejahatan siber yang dalam beberapa waktu terakhir terjadi di banyak negara.    


Baca juga: Pembicaraan Iran dengan AS tentang Sanksi Nuklir Akhir Pekan Ini

 
"Tentunya kita menyambut baik kerja sama-kerja sama baik itu bilateral maupun Bulgaria sebagai pintu atau gate untuk Uni Eropa. Indonesia sendiri, pertumbuhan ekonomi digitalnya sangat tinggi. Tentu ini menarik minat bagi dunia usaha dan sektor digital di Bulgaria. Kita membuka ruang kerja sama yang luas dengan tetap mengedepankan agar tata kelola ruang digital dapat dilakukan dengan baik," ujar Johnny.
 
Sementara itu, Dubes Bulgaria untuk Indonesia Petar Andonov mengatakan pihaknya melihat diskusi bersama Indonesia dengan pandangan positif. Menurut dia, Bulgaria sebagai rumah bagi inovasi digital dan juga teknologi dan informasi di kawasan Eropa Tenggara membuka diri untuk Indonesia berkolaborasi tidak hanya di level para pemangku kebijakan tapi juga antarbisnis seperti kerja sama startup atau perusahaan teknologi lainnya.
 
"Saya rasa kita bisa bekerja sama di banyak area, termasuk riset dan pengembangan, lalu pertukaran pengalaman, serta juga pertukaran di masa depan terkait digitalisasi dan juga masa depan keamanan siber yang merupakan salah satu area penting dalam kerjasama antara Bulgaria dan Indonesia," kata Andonov. (RO/S-2)

BERITA TERKAIT