18 June 2022, 22:50 WIB

Mulai Lusa, Putra Mahkota Saudi Kunjungi Mesir, Yordania, Turki


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Murat Cetin Muhurdar/Layanan Pers Presiden Turki.
 AFP/Murat Cetin Muhurdar/Layanan Pers Presiden Turki.
Presiden Turki Tayyip Erdogan (kiri) berjabat tangan dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (kanan) di Jeddah, 28 April 2022.

PUTRA Mahkota Saudi Mohammed bin Salman memulai tur regional pada Senin (20/6) di Mesir. Menurut seorang diplomat Saudi, tur ini juga akan membawanya ke Turki untuk meningkatkan hubungan regional.

Setelah Kairo, Pangeran Mohammed, pemimpin de facto Arab Saudi, akan melakukan perjalanan ke Yordania dan kemudian ke Turki. Selama tur, dia akan membahas, "Sejumlah isu regional dan internasional dan masa depan kerja sama internasional," katanya. Ia menambahkan bahwa kesepakatan investasi dan energi akan ditandatangani.

Presiden Tayyip Recep Erdogan mengumumkan pada Jumat (17/6) bahwa Pangeran Mohammed akan mengunjungi Turki pada Rabu (22/6). Ini akan menjadi kunjungan pertama kerajaan Saudi ke Turki sejak pembunuhan brutal terhadap orang dalam Saudi yang berubah menjadi kritikus, Jamal Khashoggi, di dalam konsulat kerajaan di Istanbul.

Baca juga: Joe Biden: Saya tidak akan Bertemu dengan MBS

Kunjungan itu, menyusul kunjungan Erdogan ke Arab Saudi pada April, akan menutup upaya untuk memulihkan hubungan antara kedua negara. Diplomat Saudi mengatakan Pangeran Mohammed juga diperkirakan mengunjungi Yunani, Siprus, dan Aljazair, "Mungkin pada akhir Juli."

Pemerintah Saudi belum mengonfirmasi perjalanan putra mahkota yang akan datang. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT