14 June 2022, 20:10 WIB

Turki Jamin Keamanan setelah Israel Desak Warganya Angkat Kaki


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Ozan Kose.
 AFP/Ozan Kose.
Turis mengambil gambar Masjid Hagia Sophia sambil berdiri di samping pagar polisi di Istanbul, pada 14 Juni 2022.

TURKI menjamin negaranya yang aman. Ini disampaikan Kementerian Luar Negerinya, Selasa (14/6), setelah otoritas Israel mendesak warganya untuk pergi karena ketakutan terhadap serangan Iran.

Dalam tanggapan tidak langsung yang tidak menyebutkan Israel, kementerian mencatat beberapa negara telah mengeluarkan peringatan perjalanan. Turki, "Negara yang aman dan terus memerangi terorisme," kata pernyataan itu. "Peringatan perjalanan ini dianggap terkait dengan perkembangan dan motif internasional yang berbeda," tambahnya.

Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid pada Senin (13/6) mendesak warga di Turki untuk pergi sesegera mungkin atas ancaman bahwa operasi Iran sedang merencanakan serangan terhadap orang Israel di Istanbul. Dia mengatakan ada bahaya nyata dan langsung dari agen Iran.

Baca juga: Israel Desak Warganya Tinggalkan Turki karena Ancaman Serangan Iran

Pada Senin, surat kabar Israel Yediot Ahronot mengutip seorang pejabat keamanan yang tidak disebutkan namanya mengatakan beberapa kelompok Iran sedang merencanakan operasi terhadap turis Israel di Turki. Peringatan itu datang di tengah gelombang ketegangan terbaru antara saingan sengit Iran dan Israel. Teheran menyalahkan negara Yahudi itu atas serangkaian serangan terhadap infrastruktur nuklir dan militernya di Iran dan Suriah.

Turki merupakan tujuan liburan populer bagi orang Israel, termasuk melalui lebih dari satu dekade perpecahan diplomatik antara kedua negara. Ankara dan Israel telah memperbaiki hubungan dalam beberapa bulan terakhir. Para pemimpin senior Turki mengutip pentingnya Israel bagi sektor pariwisata Turki. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT