12 June 2022, 16:53 WIB

Setelah 3 Tahun, Menhan Australia-Tiongkok Akhirnya Bertemu


Nur Aivanni | Internasional

AFP
 AFP
Menhan Australia Richard Marles bertemu dengan Menhan Tiongkok Wei Fenghe di Singapura.

MENTERI pertahanan (Menhan) Australia dan Menhan Tiongkok bertemu untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir. Pembicaraan keduanya digambarkan sebagai langkah pertama yang penting, setelah periode hubungan yang tegang.

"Itu kesempatan untuk melakukan pertukaran yang sangat jujur. Saya mengangkat sejumlah masalah yang menjadi perhatian Australia," ujar Menhan Australia Richard Marles kepada wartawan.

Baca juga: Pesawat Pengintai Australia Dicegat Jet Tempur Tiongkok

Pertemuan antara Marles dan Menhan Tiongkok Wei Fenghe berlangsung di sela-sela KTT keamanan Shangri-La Dialogue. Adapun pertemuan pada Minggu (12/6), berlangsung lebih dari satu jam.

"Sangat penting untuk memiliki dialog terbuka. Hubungan Australia dan Tiongkok rumit. Justru karena kerumitan ini, sangat penting untuk terlibat dalam dialog," imbuh Marles, yang juga menjabat Wakil PM Australia.

Baca juga: Tak Mau Taiwan Merdeka, Tiongkok Siap Berjuang Sampai Akhir

Sejauh ini, belum ada komentar langsung dari Wei atau pemerintah Tiongkok tentang pertemuan bilateral tersebut. Diketahui, hubungan antara Beijing dan Canberra telah membeku dalam beberapa tahun terakhir.

Tepatnya, setelah Australia menyerukan penyelidikan independen tentang asal usul virus korona. Serta, melarang raksasa telekomunikasi Tiongkok Huawei membangun jaringan 5G di Australia.(AFP/OL-11)

 

BERITA TERKAIT