09 June 2022, 20:03 WIB

Kemenlu RI: Benar Jasad Eril Ditemukan


Cahya Mulyana | Internasional

Antara/Novrian Arbi.
 Antara/Novrian Arbi.
Warga melihat foto Emmeril Khan Mumtadz yang dipajang di pagar sebagai ungkapan belasungkawa di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Jabar.

PADA Rabu (8/6) pagi waktu Swiss, Kepolisian Bern mengevakuasi seorang pria yang sudah tidak bernyawa dari Sungai Aare, Stagehr Engehalde di Bern, Swiss. Jasad itu diduga kuat anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Mumtadz Kahn atau Eril.

Hal itu dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI yang menyatakan kebenaran informasi tersebut. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan kepada Media Indonesia pihaknya tengah melakukan pembahasan mengenai tindaklanjutnya.

"Walaikumsalam, benar (jasad Eril) sudah ditemukan dan saya sedang mendengarkan media briefing Dubes RI dan perwakilan keluarga," singkatnya, Kamis (9/6).

Penemuan itu tepat sebelum pukul 06.50. Polisi wilayah Bern menerima laporan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di aliran sungai tersebut di Engehalde, Bern. Tim forensik dari Polisi Maritim Kepolisian Bern mengangkatnya di cekungan luapan bendungan.

Hasil pemeriksaan medis forensik yang dilakukan sementara ini menyebutkan, almarhum merupakan putra pejabat Indonesia yang hilang sejak Kamis 26 Mei 2022 di Sungai Aare. Pria berusia 22 tahun itu pergi berenang di Sungai Aare dan hilang karena situasi darurat.

Baca juga: Berangkat ke Swiss, Ridwan Kamil Kembali Ajukan Cuti Hingga 19 Juni 2022

Dia pun terbawa arus, tenggelam, dan dinyatakan hilang. Operasi pencarian intensif telah dilakukan. Banyak gugus tugas mencarinya dari darat maupun air.

Drone, perahu, penyelam, dan anjing polisi digunakan. "Semua penyelidikan sekarang selesai," ungkap Jaksa Penuntut Umum Daerah Bern-Mittelland. (Police.Be.Ch/OL-14)

BERITA TERKAIT