08 June 2022, 14:57 WIB

Kereta di Iran Tengah Tergelincir, 17 Orang Tewas


Nur AivanniĀ  | Internasional

AFP
 AFP
Ilustrasi

SEDIKITNYA 17 orang tewas dan puluhan lainnya cedera pada Rabu ketika sebuah kereta tergelincir di dekat kota Tabas, Iran tengah, setelah menabrak sebuah ekskavator.

"Tujuh belas orang tewas dan 37 orang yang terluka telah dipindahkan ke rumah sakit," kata juru bicara layanan darurat Mojtaba Khaledi kepada televisi pemerintah.

Baca juga: 8 Jalanan di Hangzhou Diperbarui untuk Asian Games 2022

"Jumlah korban tewas mungkin bertambah karena sebagian besar korban luka berada dalam kondisi kritis," katanya, seraya menambahkan bahwa 24 ambulans dan tiga helikopter telah dikirim ke tempat kejadian.

Tabas terletak di provinsi Khorasan Selatan sekitar 900 kilometer (560 mil) melalui jalan darat dari Teheran.

Wakil kepala kereta api milik negara Iran, Mir Hassan Moussavi, mengatakan kepada penyiar negara bahwa kereta tersebut membawa 348 penumpang. "Kereta tergelincir setelah menabrak ekskavator yang berada di dekat rel," katanya.

Beberapa dari yang terluka diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter, menurut tayangan televisi negara.

Tim penyelamat memeriksa gerbong yang terbalik saat orang-orang yang melihat kejadian itu berkumpul di dekatnya, menurut gambar yang diunggah oleh kantor berita ISNA.

Salah satu gambar menunjukkan ekskavator kuning di sisinya di tepi rel.

Dikatakan kepala operasi darurat Bulan Sabit Merah Iran, Mehdi Valipour kepada televisi pemerintah, lima dari 11 gerbong kereta keluar dari rel dalam kecelakaan yang terjadi pukul 05.30 waktu setempat.

Menurut laporan media Iran, jaksa Tabas mengunjungi tempat kejadian saat penyelidikan yudisial diluncurkan ke penyebab kecelakaan itu.

Pada 2016, dua kereta bertabrakan dan terbakar di Iran utara, yang menewaskan 44 orang dan melukai puluhan orang.

Kepala perkeretaapian Iran saat itu mengundurkan diri setelah empat karyawannya ditangkap menyusul tabrakan di jalur utama antara Teheran dan kota kedua Mashhad. (AFP/OL-6)

BERITA TERKAIT