06 June 2022, 13:31 WIB

PM Australia: Berkat Presiden Jokowi, Canberra akan Punya Sepeda Bambu


Andhika prasetyo | Internasional

Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
 Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Anthony Albanese bersepeda bersama dari Istana Kepresidenan Bogor ke Kebun Raya Bogor,

CANBERRA, ibu kota negara Australia, akan memiliki sepeda bambu pertama dan satu-satunya.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese menyampaikan kabar tersebut dengan senyum lebar di samping Presiden Joko Widodo, di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6).

Sepeda bambu itu merupakan pemberian dari Jokowi, sebagai sebuah kenang-kenangan sekaligus penanda akan harmonisnya hubungan antara kedua negara.

"Presiden Jokowi menawarkan kepada saya untuk membawa sepeda bambu ini ke Australia. Saya akan pastikan orang-orang melihat saya mengendarai sepeda bambu satu-satunya di Canberra," ujar Albanese.

Jamuan yang diberikan Jokowi kepada pemimpin Negeri Kanguru yang baru menjabat dua pekan itu memang terbilang begitu istimewa.

Tidak seperti tamu-tamu kenegaraan sebelumnya yang hanya diundang berkeliling Istana Kepresidenan Bogor, Albanese diajak mengayuh sepeda berbahan dasar bambu untuk menikmati pemandangan hijau Kebun Raya Bogor.

Baca juga: Sehari Terjadi Penembakan di 3 Negara Bagian AS Bikin Resah

Kurang lebih satu kilometer keduanya bersepeda.

Melewati trek yang biasa digunakan kepala negara setiap akhir pekan, dari halaman depan istana hingga berhenti di Resto Raasaa, sebuah tempat makan yang terletak di tengah kebun botanical.

"Ini adalah pengalaman luar biasa. Sebuah kehormatan besar, Presiden mengundang saya untuk naik sepeda bambu ke tempat yang indah di taman botani ini. Setiap kali saya naik sepeda, saya pasti akan ingat persahabatan dengan Presiden Widodo," sambung Albanese.

Jokowi mengaku sengaja mengajak mitranya berkeliling menikmati kebun yang menjadi salah satu ikon Kota Bogor. Selain karena cuaca yang sangat bersahabat, ia juga ingin mengampanyekan penggunaan sepeda sebagai salah satu moda kendaraan ramah lingkungan.

"Karena cuacanya bagus dan naik sepeda ini kan ramah lingkungan. Saya kira kita harus memulai menyampaikan pesan betapa pentingnya kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan," ucap Jokowi.

Selepas melakukan pertemuan tete-A-tete selama 30 menit di Resto Raasaa, keduanya kembali ke Istana Kepresidenan Bogor. Dalam kesempatan itulah Presiden RI menyerahkan sepeda bambu buatan asli Indonesia kepada PM Australia untuk dibawa pulang ke negaranya.(OL-4)

BERITA TERKAIT