31 May 2022, 11:48 WIB

Presiden Ukraina-Menlu Prancis Bahas Dukungan untuk Ukraina


 Nur Aivanni | Internasional

Handout / UKRAINE PRESIDENCY / AFP
 Handout / UKRAINE PRESIDENCY / AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) menyambut Menlu Prancis Catherine Colonna (kanan) di Kyiv, Ukraina, Senin (30/5).

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelensky, pada Senin (30/5), bertemu dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Prancis Catherine Colonna untuk membahas dukungan bagi Kiev.

Para pihak berbicara tentang bantuan dalam persenjataan, memperkuat sanksi terhadap Rusia dan membawa Ukraina lebih dekat ke keanggotaan Uni Eropa (UE), menurut sebuah pernyataan di situs web kepresidenan Ukraina.

Selama pembicaraan itu, Zelensky berterima kasih kepada Prancis atas bantuan keuangan untuk Kiev dan bantuan pemerintah Prancis dalam perawatan prajurit Ukraina yang terluka.

Pemimpin Ukraina menambahkan bahwa Kiev mengandalkan dukungan Prancis untuk Ukraina dalam perjalanannya menuju status kandidat untuk keanggotaan UE pada Juni.

Baca juga: UE Setuju Larang Impor Minyak Rusia tapi yang Lewat Tanker Saja

Zelensky dan Colonna juga bertukar pandangan tentang cara membuka blokir pelabuhan Ukraina untuk mencegah krisis pangan global dan mereka menyinggung pemulihan Ukraina pascakonflik.

Colonna tiba di Ukraina pada hari sebelumnya. Dia menjadi pejabat Prancis berperingkat tertinggi yang mengunjungi Kiev sejak dimulainya konflik Rusia-Ukraina pada 24 Februari.

Colonna juga mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba, yang berjanji untuk melanjutkan bantuan militer untuk Ukraina. (Xinhua/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT