27 May 2022, 19:31 WIB

Zelenskyy Ingin Bertemu Putin agar Perang Berakhir


Cahya Mulyana | Internasional

AFP
 AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin saat menghadiri pertemuan.

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelenskyy ingin berdiskusi langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dirinya berharap Putin segera menarik seluruh pasukannya di Ukraina dan mengakhiri perang.

"Kemungkinan berbicara langsung dengan Presiden Rusia akan bisa menentukan nasib dari perang saat ini," ujar Zelenskyy dalam dialog khusus yang menyapa Indonesia, Jumat (27/5).

"Berbicara dengan Putin menjadi salah satu upaya menghentikan perang, mendapatkan kehidupan normal, menghentikan krisis kemanusiaan dan menjaga kedaulatan," imbuhnya.

Baca juga: Zelenskyy Harap G20 Hentikan Agresi Rusia

Zelenskyy mengungkapkan bahwa sejumlah cara untuk menghentikan agresi Rusia sudah dilakukan Ukraina. Negosiasi pun tidak pernah absen, dengan Ukraina selalu hadir membawa sejumlah tawaran perdamaian.

"Kita tidak ingin berperang. Perang saat ini hanya untuk menghentikan krisis kemanusiaan dan menjaga kemerdekaan. Kita tidak ingin hidup dalam penjajahan, tetapi dalam damai dan tanpa syarat apa pun," pungkasnya.

Baca juga: Ukraina Deklarasikan Invasi Rusia sebagai Genosida

Sebanyak 5,5 juta rakyat Ukraina dikatakannya telah terusir dari rumah mereka karena serangan militer Rusia. "Semuanya menginginkan kembali ke rumah mereka. Untuk membangun puing-puing dan mengusir penjajahan Rusia," papar Zelenskyy.

Ribuan rumah bahkan telah rata dengan tanah. Lalu, sekitar 600 rumah sakit porak-poranda. Pun, ribuan fasilitas pendidikan juga dihancurkan Rusia. Kekejian ini akan dirasakan rakyat dunia, jika tindakan Rusia terus dibiarkan.

Pihaknya meminta dunia bersatu untuk menghentikan serangan Rusia di Ukraina. "Kita sudah defisit lima juta dolar, karena tidak memiliki pendapatan. Padahal dana itu dibutuhkan untuk perlindungan sosial dan gaji pensiunan," katanya.(OL-11)

BERITA TERKAIT