26 May 2022, 21:25 WIB

Gempa Berkekuatan 7,2 SR Guncang Peru Selatan


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP.
 AFP.
Peta Peru.

GEMPA berkekuatan 7,2 SR mengguncang Peru tenggara pada Kamis (26/5). Ini dikatakan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Pihak berwenang Peru menambahkan tidak ada korban tewas atau cedera.

Gempa terjadi pada pukul 07.02 waktu setempat pada kedalaman 218 kilometer, menurut USGS. Pusat Seismologi Nasional Peru mengatakan gempa itu berkekuatan 6,9 SR dan kedalaman 240 kilometer.

Pusat gempa berada 20 kilometer timur laut kota Azangaro, dekat Danau Titicaca, di perbatasan dengan Bolivia. Pihak berwenang Peru mengatakan gempa itu menyebabkan gelombang kejut yang terasa di wilayah barat daya yang berbatasan dengan Cile.

Baca juga: Iran Sebut Zionis Kontrol Kebijakan AS terkait Kesepakatan Nuklir

"Untuk saat ini, mengingat tingkat intensitas di permukaan, seharusnya tidak menimbulkan kerusakan selain ketakutan," Hernando Tavera, direktur Institut Geofisika Peru, mengatakan kepada stasiun radio RPP. "Ketika gempa lebih dalam, getaran tanah lebih sedikit."

Peru, yang terletak di Cincin Api, dilanda setidaknya 400 gempa setiap tahun. Cincin Api ialah area aktivitas vulkanik dan seismik yang tinggi di sekitar sebagian besar tepi Samudra Pasifik. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT