25 May 2022, 10:57 WIB

Jumlah Kasus Cacar Monyet di Spanyol Meningkat


Nur Aivanni | Internasional

Ist/Spanishnews
 Ist/Spanishnews
Ilustrasi anggota tubuh pasien yang terinfeksi cacar monyet. 

OTORITAS kesehatan di wilayah Madrid Spanyol mengatakan mereka mendeteksi 11 kasus baru monkeypox atau cacar monyet yang dikonfirmasi pada Selasa (24/5).

Dengan begitu, total kasus cacar monyet di Spanyol menjadi 48 kasus, yang hampir semuanya ada di ibu kota.

Di Portugal, otoritas kesehatan menambahkan dua kasus yang dikonfirmasi, sehingga totalnya menjadi 39 kasus. Negara tersebut bersama dengan Spanyol telah menjadi salah satu titik hotspot utama wabah penyakit virus baru-baru ini di luar daerah endemiknya di Afrika.

Pada Selasa (24/5), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan wabah itu dapat diatasi ketika lebih banyak pemerintah mengatakan mereka akan meluncurkan vaksinasi terbatas untuk memerangi infeksi yang meningkat.

Baca juga: Joe Biden Waspadai Penyebaran Cacar Monyet

Pihak berwenang telah menyelidiki 237 kasus yang dicurigai dan dikonfirmasi dari infeksi virus yang biasanya ringan yang endemik di beberapa bagian Afrika barat dan tengah, di 19 negara sebagian besar Eropa sejak awal Mei.

Sebagian besar infeksi sejauh ini belum parah, dan banyak, tetapi tidak semua, kasus telah dilaporkan pada pria yang berhubungan seks dengan pria. (CNA/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT