24 May 2022, 15:39 WIB

Biden Lemparkan Candaan kepada PM Australia yang Baru


Cahya Mulyana | Internasional

AFP
 AFP
Presiden AS Joe Biden saat berjabat tangan dengan PM Australia Anthony Albanese.

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden melakukan hal yang tidak biasa saat bertemu pemimpin negara yang baru terpilih. 

Biden tidak mengucapkan selamat dan kata-kata manis terhadap Perdana Menteri (PM) Australia baru, yakni Anthony Albanese. Dalam pertemuan KTT Quad di Tokyo, Biden menyatakan kekaguman terhadap pemimpin Partai Buruh tersebut.

Albanese melakukan penerbangan panjang tepat setelah memenangkan pemilihannya sebagai PM Australia. "Saya menyambut Anda di pertemuan Quad pertama Anda," ujar Biden.

Baca juga: PM Australia yang Baru Anthony Albanese Pengkritik Keras Israel

Untuk menghadiri pertemuan di Tokyo, Biden hanya menempuh waktu beberapa jam saja, karena sempat transit di Korea Selatan. Sementara, Albanese harus duduk di pesawat lebih lama, karena terbang langsung dari negaranya.

"Seperti yang saya katakan, Anda naik pesawat, Anda disumpah dan naik pesawat. Jika Anda tertidur saat Anda di sini, tidak apa-apa, karena saya tidak tahu bagaimana Anda melakukannya," candanya. 

Baca juga: AS Sebut 20 Negara Tawarkan Paket Senjata Bantu Ukraina Lawan Rusia

"Ini benar-benar sangat luar biasa. Padahal, Anda baru saja keluar dari jalur kampanye," imbuh Biden.

Setelah KTT Quad, Biden dan Albanese akan mengadakan pembicaraan bilateral di tempat terpisah. Biden juga akan bertemu secara terpisah dengan PM India Narendra Modi. Lalu, Albanese akan mengadakan pembicaraan dengan Modi, serta PM Jepang Fumio Kishida.(France24/OL-11)

 

BERITA TERKAIT