24 May 2022, 10:40 WIB

Joe Biden Waspadai Penyebaran Cacar Monyet


Joe Biden Waspadai Penyebaran Cacar Monyet | Internasional

 Brian W.J. Mahy / Centers for Disease Control and Prevention / AFP
  Brian W.J. Mahy / Centers for Disease Control and Prevention / AFP
Pusat Pengendalian dan Pecegahan Penyakit AS menunjukkan foto warga yang terkena cacar mpnyet di Republik Kongo. 

DALAM menghadapi pandemi covid-19, Amerika Serikat (AS) bukan tergolong negara yang cukup sukses.

Selama pandemi di 'Negeri Paman Sam', sebanyak 83.325.014 positif terinfeksi covid-19 dan total meninggal hingga hari ini atau Selasa (24/5) tercata lebih dari 1 juta orang atau 1.000.826 orang

Kini Presiden AS Joe Biden mewaspadai cacar monyet dan mengajak dunia mencegahnya bersama-sama. Ia mengkhawatirkan penyakit ini menjadi beban baru bagi semua negara.

Pernyataan itu ia nyatakan saat mengunjungi Korea Selatan. Biden mengatakan otoritas kesehatan AS belum memberikan informasi penuh kepada dirinya mengenai dampak paling buruk dari cacar monyet.

Baca juga: Biden Peringatkan Kemungkinan Penyebaran Cacar Monyet

"Tapi ini merupakan sesuatu yang patut diwaspadai semua orang," kata Biden sebelum naik pesawat Air Force One di Soul untuk bertolak menuju Tokyo, Jepang.

Kasus cacar monyet di AS

Kasus cacar monyet pertama di AS dalam kekhawatiran global terbaru tercatat muncul pada 18 Mei di Massachusetts, AS. Hari Minggu (22/5), satu kasus lainnya muncul di Florida, AS.

Otoritas kesehatan AS sedang menginvestigasi individu terduga cacar monyet di Florida, termasuk apakah ia baru-baru ini melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Kami sedang berusaha keras menangani hal ini, dan sedang mencari tahu apa vaksinnya jika memang tersedia," sambung dia.

Terdapat ribuan infeksi cacar monyet di beberapa bagian Afrika tengah dan Barat dalam beberapa tahun terakhir. Namun kemunculan penyakit tersebut di Eropa dan Amerika Utara merupakan sesuatu yang langka. (France24/Cah/OL-09)

BERITA TERKAIT