23 May 2022, 09:15 WIB

Biden Peringatkan Kemungkinan Penyebaran Cacar Monyet


Nur Aivanni | Internasional

AFP
 AFP
PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Monkeypox atau cacar monyet telah menarik perhatian Presiden AS Joe Biden. Pada Minggu, dia mengatakan bahwa masyarakat harus waspada terhadap penyakit yang berpotensi menimbulkan dampak lanjutan, jika itu menyebar lebih jauh.

Beberapa kasus cacar monyet telah terdeteksi di Amerika Utara dan Eropa sejak awal Mei.

Pemimpin AS, dalam perjalanan perdananya ke Asia sebagai presiden, mengatakan di Seoul bahwa pejabat kesehatan belum sepenuhnya menjelaskan kepadanya tentang tingkat paparan di Amerika Serikat.

"Tapi itu adalah sesuatu yang harus diperhatikan semua orang," kata Biden kepada wartawan sebelum menaiki Air Force One untuk terbang ke Tokyo.

"Ini menjadi perhatian, kalau sampai menyebar, itu akan menjadi konsekuensial. Kami bekerja keras untuk mencari tahu apa yang kami lakukan dan vaksin apa jika ada yang mungkin tersedia untuk itu," tambahnya.

Kasus pertama di AS dilaporkan pada 18 Mei di Massachusetts, yang bergabung pada hari Minggu oleh Florida.

Otoritas kesehatan mengatakan mereka sedang menyelidiki kasus dugaan cacar monyet pertama di negara bagian selatan itu pada seseorang yang baru-baru ini bepergian ke luar negeri.

Ada ribuan infeksi manusia di beberapa bagian Afrika Tengah dan Barat dalam beberapa tahun terakhir tetapi jarang terjadi di Eropa dan Amerika Utara.

Kebanyakan orang sembuh dalam beberapa minggu dan cacar monyet hanya berakibat fatal dalam kasus yang jarang terjadi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa hingga Sabtu ada 92 kasus penyakit yang dikonfirmasi di negara-negara di mana cacar monyet tidak endemik.

Virus itu ditularkan ke manusia dari hewan, dengan gejala yang sangat mirip dengan cacar tetapi secara klinis tidak terlalu parah. (AFP/OL-12)

BERITA TERKAIT