17 May 2022, 05:15 WIB

Macron Tunjuk PM Perempuan Prancis Pertama dalam Tiga Dekade


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/CHRISTIAN HARTMANN
 AFP/CHRISTIAN HARTMANN
Perdana Menteri Prancis Elisabet Borne

PRESIDEN Prancis Emmanuel Macron menunjuk Menteri Tenaga Kerja Elisabeth Borne sebagai perdana menteri untuk memimpin upaya reformasi. Borne menjadi perempuan pertama yang memimpin pemerintahan Prancis dalam tempo lebih dari 30 tahun.

Perdana Menteri Prancis Jean Castex telah mengajukan pengunduran dirinya kepada Macron sebagai bagian dari proses reshuffle pemerintahan baru pascakemenangan Macron dalam pemilu Prancis, April lalu, dan menjelang pemilu legislatif, Juni mendatang.

Macron butuh meraih suara mayoritas di parlemen agar agenda domestiknya bisa berjalan setelah koalisi baru antara sayap kiri dan kanan mengancam mengganggu programnya.

Baca juga: Macron dilantik sebagai Presiden Prancis untuk Masa Jabatan Kedua

Terakhir kali Prancis memiliki perdana menteri perempuan adalan antara Mei 1991 dan April 1992 kala Edith Cresson menjadi perdana menteri di bawah Presiden Francois Mitterrand.

Mengakhiri spekulasi selama beberapa pekan, Elysee mengonfirmasi nominasi Borne dan menteri itu kemudian bertolak ke Komplek Matignon untuk penyerahan jabatan dari Castex.

"Tidak ada yang bisa menghentikan perjuangan untuk posisi perempuan dalam masyarakat kita," ujar Borne saat penyerahan jabatan perdana menteri.

Dia kemudian mendedikasikan penunjukkan dirinya sebagai perdana menteri untuk semua anak perempuan yang akan bisa mewujudkan mimpi mereka. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT