13 May 2022, 10:51 WIB

Dubes RI untuk Ukraina Wafat, Kemlu Berkabung


Cahya Mulyana | Internasional

ANTARA/Ridhwan Ermalamora Siregar
 ANTARA/Ridhwan Ermalamora Siregar
Dubes RI untuk Ukraina Ghafur Akbar Dharmaputra

DUTA Besar (Dubes) RI untuk Ukraina Ghafur Akbar Dharmaputra meninggal dunia, Kamis (12/5) pukul 21:50 WIB, di Jakarta, karena sakit. Sosoknya dikenal sebagai diplomat senior yang memiliki komitmen kuat terhadap kepentingan bangsa.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Menteri Luar Negeri, Wakil Menteri Luar Negeri beserta seluruh jajaran di Kementerian Luar Negeri RI berduka cita yang mendalam atas meninggalnya Duta Besar Gafhur Akbar Dharmaputra," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada Media Indonesia, Jumat (13/5).

Menurut dia, Gafhur merupakan diplomat senior Indonesia yang telah mendedikasikan kerja dan karyanya untuk negara dan bangsa. 

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Dubes Indonesia Kunjungi Kepulauan Cook

Sewaktu menjabat sebagai Dubes RI di Ukraina, Gafhur telah berjasa dalam membantu evakuasi WNI dan menjaga kepentingan Indonesia selama masa yang sangat sulit di Ukraina.

"Almarhum terus menjalankan tugas-tugasnya sebagai Duta Besar secara paripurna hingga saat-saat terakhir," katanya.

Ia pun memanjatkan doa terbaik baik Gafhur serta keluarga yang ditinggal. 

"Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan di masa yang sulit ini," pungkasnya.

Gafhur, yang juga merangkap sebagai Dubes Georgia dan Armenia itu, meninggal dalam perawatan di rumah sakit. 

Sebelumnya, Ghafur menjabat Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Ghafur mewakili pemerintah Indonesia di Ukraina usai dilantik Presiden Joko Widodo pada 12 November 2021. 

Pria kelahiran Bandung, 16 Februari 1964 itu telah berhasil mengevakuasi dengan total 133 warga negara Indonesia (WNI) di Ukraina yang sempat terjebak oleh agresi Rusia. (OL-1)

BERITA TERKAIT