10 May 2022, 09:43 WIB

Lukisan Marilyn Monroe Karya Andy Warhol Terjual Seharga Rp2,8 Triliun


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Angela Weiss
 AFP/Angela Weiss
Lukisan Shot Sage Blue Marilyn karya Andy Warhol

LUKISAN potrait Marilyn Monroe karya seniman pop art Andy Warhol terjual dalam pelelangan, Senin (9/5), seharga US$195 juta (sekitar Rp2,8 triliun). Hal itu menjadikan luksian itu sebagai karya seni abad ke-20 termahal yang dijual dalam pelelangan.

Lukisan berjudul Shot Sage Blue Marilyn itu dibuat pada 1964, dua tahun setelah meninggalnya bintang Hollywood itu. Lukisan itu terjual dalam tempo 4 menit dalam pelelangan di markas besar rumah lelang Christie's di Manhattan.

Puluhan pekerja Christie memenuhi ruang lelang memegang ponsel menerima perintah dari pembeli potensial. Rumah lelang itu mengatakan pembeli lukisan itu ada di dalam ruang lelang.

Baca juga: Lukisan Marilyn Monroe Karya Andy Warhol Diprediksi Akan Laku Rp2,8 Triliun

Sebelum pelelangan, lukisan itu diperkirakan akan laku terjual seharga US$200 juta. 

Meski tidak mencapai harga perkiraan itu, harga jual lukisan potrait Marilyn Monroe itu tetap mengalahkan rekor untuk lukisan karya abad ke-20 yang sebelumnya dipegang lukisan Pablo Picasso, yang berjudul 'Perempuan-perempuan Algiers'. Lukisan itu laku terjual seharga US$179,4 juta pada 2015.

Rekor lukisan yang terjual dalam pelelangan dipegang oleh lukisan karta Leonardo da Vinci, Salvator Mundi, yang terjual pada November 2017 seharga US$450,3 juta. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT