07 May 2022, 14:47 WIB

Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal Balistik


Nur Aivanni | Internasional

KCNA/AFP
 KCNA/AFP
Ilustrasi: Angkatan Bersenjata Korea Utara memamerkan rudal balistiknya saat parade militer di Pyongyang, Korea Utara.

Korea Utara menembakkan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam pada Sabtu. Itu merupakan peluncuran rudal keduanya dalam tiga hari setelah Amerika Serikat memperingatkan bahwa Pyongyang dapat bersiap untuk uji coba nuklir.

Peluncuran tersebut dilakukan dua hari sebelum Korea Selatan mengambil sumpah Presiden baru Yoon Suk-yeol.

Citra satelit menunjukkan Korea Utara mungkin bersiap untuk melanjutkan uji coba nuklir. Dan, Departemen Luar Negeri AS pada Jumat pun memperingatkan bahwa uji coba nuklir bisa dilakukan awal bulan ini.

"Militer kami mendeteksi sekitar pukul 14:07 (0507 GMT) bahwa rudal balistik jarak pendek yang diduga merupakan SLBM yang ditembakkan dari perairan Sinpo, Hamgyong Selatan," kata Kepala Staf Gabungan Seoul dalam sebuah pernyataan.

Sinpo adalah galangan kapal angkatan laut utama di Korea Utara dan foto-foto satelit di masa lalu menunjukkan kapal selam di fasilitas tersebut.

Penjaga pantai Jepang, mengutip informasi dari Kementerian Pertahanannya, mengatakan Korea Utara telah meluncurkan sebuah objek yang kemungkinan besar adalah rudal balistik dan memperingatkan kapal-kapalnya untuk waspada.

Pada Rabu, Korea Utara melakukan uji coba yang disebut Seoul dan Tokyo sebagai rudal balistik, meskipun media pemerintah Pyongyang - yang biasanya melaporkan uji coba senjata - tidak mengomentari peristiwa tersebut.

"Saya menduga peluncuran hari ini mirip dengan rudal balistik pada Rabu," kata Hong Min, seorang peneliti di Korea Institute for National Unification. "Tampaknya Korea Utara sedang melakukan serangkaian uji coba untuk mencapai tujuan strategisnya," ucapnya. (AFP/OL-12)

BERITA TERKAIT