04 May 2022, 10:24 WIB

Gelar Lebaran Virtual, Dubes RI Khartoum Ajak Promosikan Indonesia


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

Ist/Wikipedia
 Ist/Wikipedia
Kedutaan Besar Republik Indonesia di Khartoum, Sudan.

SEBAGAI bagian dari rangkaian kegiatan Idulfitri 1443 H, KBRI Sudan, Senin (2/5) waktu setempat, menggelar acara Lebaran secara virtual.

Duta Besar  RI untuk Sudan Sunarko menyapa warga yang dihadiri lebih dari 200 peserta dari berbagai elemen warga negara Indonesia (WNI).

Mereka di antaranya adalah pekerja profesional, PPI, alumni Indonesia di Sudan dan alumni Sudan di Indonesia, serta seluruh staf KBRI Khartoum

Kegiatan dimaksudkan untuk mempererat silaturahim dan perkuat komunikasi dengan komunitas masyarakat Indonesia yang sebagian besar adalah mahasiswa.

Dalam sambutannya Dubes Sunarko menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia. "Dengan segala kreativitas, mereka telah mendukung, bekerja sama, dan bersinergi pada berbagai kegiatan selama 2021 dan berlanjut pada 2022."

"Pekerja Migran Indonesia (PMI) telah bekerja sama dengan KBRI dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan serta kepedulian pada warga Indonesia lainnya," ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip, Rabu (4/5).

Organisasi-organisasi kemasyarakatan, di antaranya, PCINU, PCIM, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), paguyuban kekeluargaan, dan forum-forum silaturahim serta organisasinya lainnya juga telah memberikan kontribusi dalam upaya bersama pemerintah Indonesia untuk memberikan pelayanan dan perlindungan serta kegiatan promosi budaya, pariwisata, dan kesenian.

Baca juga: Dubes RI di Ukraina Sudah 148 WNI Diselamatkan

"Sinergi antara KBRI dan elemen masyarakat, termasuk PPI, telah memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Indonesia, khususnya pada mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Sudan," katanya.

Dubes Sunarko mendorong masyarakat Indonesia untuk terus berkiprah dan menampilkan khazanah kekayaan budaya dan keragaman Indonesia. Itu termasuk aneka ragam kuliner Indonesia dalam lingkup kehidupan masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut Dubes RI juga mengajak masyarakat Indonesia untuk terus menjaga kerukunan sesama WNI di rantau dan samangat persatuan dan kesatuan Indonesia.

Selain itu, Dubes juga berpesan meskipun penanganan pandemi di Indonesia sudah menunjukkan kemajuan signifikan, masyarakat diharapkan tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan. Pun menaati ketentuan peraturan secara baik yang berlaku di Sudan dan Indonesia.

Di kesempatan tersebut, mewakili masyarakat Indonesia, Sumitro menyampaikan harapan pelayanan dan perlindungan WNI di KBRI akan terus semakin baik.

Sementara, Zikra Juninawan mewakili PPI Sudan menyampaikan terima kasih kepada KBRI yang telah menunjukkan kehadiran dan perhatian nyata kepada WNI, termasuk mahasiswa.

Untuk lebih memeriahkan acara, juga ditayangkan video kreatif dari perwakilan berbagai elemen masyarakat dari pasukan penjaga perdamaian Indonesia di Sudan (UNISFA), dilanjutkan dengan dialog interaktif Dubes dengan seluruh peserta.

Acara semakin menarik setelah Dubes mulai menyampaikan sejumlah pertanyaan (quiz) mengenai pemahaman kebangsaan dengan hadiah beberapa vouchers menarik.

Kegiatan Duta Besar Menyapa WNI mendapat sambutan hangat dari berbagai elemen masyarakat Indonesia, utamanya di luar Khartoum yang mengalami keterbatasan dalam melakukan mobilitas selama pandemi. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan secara rutin untuk dapat menjangkau masyarakat Indonesia seluas mungkin.

KBRI khartoum melaksanakan Salat Idulfitri di Wisma Duta secara terbatas dengan menerapkan prokes ketat yang dihadiri oleh perwakilan berbagai elemen masyarakat Indonesia. (Hym/OL-09)

BERITA TERKAIT