26 April 2022, 14:31 WIB

Kim Jong-un Siap Kembangkan Lebih Banyak Senjata Nuklir


Cahya Mulyana | Internasional

AFP
 AFP
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat menghadiri parade militer di Pyongyang.

PEMIMPIN Korea Utara Kim Jong-un menyampaikan komitmen di hadapan tentara dan rakyatnya untuk meningkatkan kemampuan senjata nuklir. 

Hal itu ditekankan Kim dalam parade militer untuk memperingati 90 tahun tentara Korea Utara. Parade tersebut juga memamerkan rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesar dan terbaru di Korea Utara, yakni Hwasong-17.

“Kami akan terus mengambil langkah untuk memperkuat dan mengembangkan kemampuan nuklir negara kami dengan kecepatan paling cepat,” tegas Kim.

Baca juga: Rakyat Korut Bersorak Saat Saksikan Hwasongpho-17

Kim pun berjanji untuk terus memperkuat kekuatan nuklir secara kuantitatif dan kualitatif. Senjata nuklir Korea Utara dinilai simbol kekuatan nasional dan harus didiversifikasi.

“Sebagai persiapan terhadap situasi politik dan militer yang bergejolak dan semua jenis krisis di masa depan. Kami akan lebih meningkatkan kekuatan nuklir dengan kecepatan setinggi mungkin," imbuh Kim.

Pawai militer digelar pada Senin malam waktu setempat dan berakhir dengan pertunjukan kembang api sekitar 90 menit. Sejumlah gambar yang dirilis media Korea Utara menunjukkan barisan tentara melintasi Lapangan Kim Il Sung. 

Baca juga: Tiongkok 'Dukung' Korea Utara Kembangan Senjata Nuklir

Adapun Kim menonton dari balkon dengan mantel putih bertanda pangkat dan kancing emas. Lebih lanjut, Kim menekankan bahwa senjata nuklir negara berperan sebagai pencegah yang dapat dikerahkan, jika kepentingan utama Korea Utara diserang. 

Negara ini biasanya menandai peringatan penting dengan parade kekuatan militer. Secara luas, diperkirakan bakal mengadakan parade militer pada 15 April ,untuk menandai 110 tahun kelahiran pendiri negara, yakni Kim Il Sung.

Citra satelit menunjukkan parade yang melibatkan ribuan tentara di tempat pelatihan dekat Pyongyang. Menjelang parade, media pemerintah mendesak warga dan angkatan bersenjata untuk menjanjikan kesetiaan mutlak kepada Kim.(Aljazeera/OL-11)

 

BERITA TERKAIT