26 April 2022, 12:37 WIB

PM Jepang Tegaskan Diperlukan Kerja Sama Strategis dengan Korsel


Mediaindonesia.com | Internasional

AFP/Rodrigo Reyes Marin
 AFP/Rodrigo Reyes Marin
PM Jepang Fumio Kishida  

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan pada Selasa (26/4) bahwa kerja sama strategis antara Jepang dan Korea Selatan saat ini lebih diperlukan dari sebelumnya.

Selama pertemuannya dengan delegasi yang dikirim oleh Presiden terpilih Korsel Yoon Suk-yeol, Kishida mengatakan bahwa kedua negara perlu untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan kolonial Jepang, menurut pernyataan Pemerintah Jepang.

Chung Jin-suk, ketua delegasi Korsel, mengatakan kepada wartawan bahwa mereka setuju dengan Kishida untuk bekerja menuju hubungan yang berwawasan ke depan demi kepentingan bersama.

Sebelumnya, Presiden Korsel Moon Jae-in menyatakan keinginannya untuk berkomunikasi dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida guna memperbaiki hubungan yang saat ini tegang.

Perseteruan bersejarah atas pendudukan Jepang pada 1910-1945 di Korea terutama yang menyangkut masalah seperti “wanita penghibur”, eufemisme Jepang untuk sebagian besar wanita Korea yang dipaksa bekerja di rumah bordilnya pada masa perang, dan kerja paksa pada masa perang, telah lama merusak hubungan antara kedua negara Asia itu. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT