25 April 2022, 09:55 WIB

Pemimpin Dunia Sambut Kemenangan Macron dalam Pilpres Prancis 2022


Nur Aivanni | Internasional

LISI NIESNER / POOL / AFP
 LISI NIESNER / POOL / AFP
Kanselir Jerman Olaf Scholz memberi selamat kepada Emmanuel Macron yang terpilih kembali menjadi Presiden Prancis.

PARA pemimpin dunia memberikan selamat kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron atas terpilih kembali dan mengalahkan pemimpin sayap kanan Marine Le Pen dalam pemilihan presiden pada Minggu.

"Prancis adalah sekutu tertua kami dan mitra utama dalam mengatasi tantangan global," cuit Presiden AS Joe Biden di Twitter. "Saya menantikan kerja sama erat kami yang berkelanjutan, termasuk dalam mendukung Ukraina, membela demokrasi dan melawan perubahan iklim," ucapnya.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga mengucapkan selamat kepada Macron. "Kami berharap dapat melanjutkan kerja sama yang erat dengan Prancis dalam menghadapi tantangan global, mendukung Aliansi dan persahabatan kami yang panjang dan abadi," tulisnya.

Sementara itu, Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan bahwa pemilih Prancis telah mengirimkan mosi percaya yang kuat di Eropa.

"Saya senang bahwa kami akan melanjutkan kerja sama kami," katanya.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pun menyebut Prancis salah satu sekutu terdekat dan terpenting negara tersebut.

Dalam cuitannya di Twitter, Johnson mengatakan bahwa dia berharap untuk terus bekerja sama dalam masalah-masalah yang paling penting bagi kedua negara mereka dan dunia.

Baca juga: Kalahkan Le Pen, Macron Berjanji Merangkul Semua Pihak

Adapun, Presiden Volodymyr Zelensky, yang telah berbicara dengan Macron beberapa kali sejak invasi Rusia pada 24 Februari, memberi selamat kepada mitranya dari Prancis melalui telepon.

Di Twitter, Zelensky menyebut Macron sebagai teman sejati Ukraina. "Saya berharap dia lebih sukses demi rakyat (Prancis). Saya menghargai dukungannya dan saya yakin bahwa kita bergerak bersama menuju kemenangan bersama yang baru," tulisnya dalam bahasa Ukraina dan Prancis.

Sementara itu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan kemenangan Macron adalah ekspresi hebat demokrasi liberal yang beraksi di masa-masa yang tidak pasti.

"Kami berharap Anda dan Prancis sukses, khususnya kepemimpinan Anda di Eropa dan sebagai mitra penting Australia di Indo-Pasifik," cuitnya di Twitter.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dia berharap untuk melanjutkan kemitraan penting dengan Prancis untuk dunia yang lebih sehat, lebih aman dan lebih adil. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT