22 April 2022, 08:22 WIB

AS Dorong Yaman Sudahi 7 Tahun Perang Saudara


Cahya Mulyana | Internasional

AFP/LUIS ACOSTA
 AFP/LUIS ACOSTA
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mendorong pemimpin baru Yaman untuk membangun perdamaian demi menyudahi perang saudara yang telah berlangsung sel amatujuh tahun. 

Hal itu dikatakan Blinken saat berbicara melalui telepon dengan Rashad al-Alimi, yang mengepalai dewan baru yang menjalankan pemerintahan Yaman, yang didukung Arab Saudi.

Blinken mendukung kelangsungan gencatan senjata di Yaman hingga dua bulan yang diinisiasi PBB yang sudah berlangsung sejak 2 April. Itu antara pemerintah dan pemberontak Huthi yang didukung Iran.

Baca juga: Presiden Yaman Mengundurkan Diri karena Dorongan Arab Saudi

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price menekankan supaya kedua pihak berkomitmen atas gencatan senjata hingga dua bulan ke depan. 

"Momentum ini patut diteruskan dan dijaga guna melahirkan perdamaian yang sejati di Yaman," katanya.

Dia juga menyerukan pembukaan kembali jalan ke daerah-daerah termasuk Taez, kota terbesar ketiga Yaman. Wilayah ini menjadi bagian penting lain dari gencatan senjata yang dipimpin pejabat PBB Hans Grundberg.

Presiden AS Joe Biden berjanji membatasi dukungan untuk koalisi pimpinan Arab Saudi yang telah menggempur Huthi. Tetapi dia juga kecewa dengan serangan balik dari Huthi, yang menguasai sebagian besar Yaman. (France24/OL-1)

BERITA TERKAIT