19 April 2022, 23:55 WIB

Lebih dari 1.000 Tentara Ukraina Menyerah pada Tentara Rusia di Mariupol


mediaindonesia.com | Internasional

Foto/Coutesy/Kemenhan Rusia/Youtube
 Foto/Coutesy/Kemenhan Rusia/Youtube
Lebih dari 1.000 tentara Ukraina menyerah kepada tentara Rusia di di Mariupol, kota pelabuhan strategis di Ukraina timur. 

KEMENTERIAN Pertahanan (Kemenhan) Rusia menyatakan lebih dari 1.000 tentara Ukraina telah menyerah di Mariupol, sebuah kota pelabuhan strategis di Ukraina timur yang telah dikepung oleh pasukan Rusia selama lebih dari sebulan.

"Di kota Mariupol... 1.026 prajurit Ukraina dari Brigade Marinir ke-36 secara sukarela meletakkan senjata mereka dan menyerah," kata Kemenhan Rusia itu dalam sebuah pernyataan pekan ini yang dikutip Moscow Tiimes

Penyerahan lebih dari 1.000 tentara Ukraina juga beredar luas di video media sosial yang bersumber dari Kemenhan Rusia. 

Baca juga: Ukraina: Lima Serangan Rudal Hantam Kota Lviv

Kemenhan Rusia mengatakan bahwa tentara menyerah di dekat "Pabrik Metalurgi Mariupol dinamai Illich," sebuah pabrik baja besar.

Di antara pasukan itu ada 162 perwira dan 47 perempuan, tambah kKmenhan Rusia itu. Lebih dari 100 tentara Ukraina terluka.

Rusia diyakini berusaha menghubungkan Krimea yang diduduki dan wilayah separatis yang didukung Moskow Donetsk dan Lugansk di Donbas dan telah mengepung Mariupol pada awal operasi militernya.

Ribuan warga sipil diyakini tewas di kota itu, yang telah menyaksikan beberapa pertempuran paling intens dalam konflik tersebut. (AFP/Moscow Times/OL-09)
 

BERITA TERKAIT