19 April 2022, 17:25 WIB

Gedung Putih Pastikan Biden tak Berencana Kunjungi Ukraina


Nur Aivanni | Internasional

AFP/Mandel Ngan
 AFP/Mandel Ngan
Presiden AS Joe Biden

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden dipastikan tidak berencana mengunjung Kyiv meskipun Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mendesaknya untuk segera datang sebagai bentuk dukungan AS untuk perang melawan Rusia.

"Tidak ada rencana presiden untuk pergi. Biarkan saya tegaskan lagi," kata Sekretaris Pers Jen Psaki kepada wartawan.

Untuk diketahui, sejumlah pemimpin Eropa telah melakukan perjalanan ke Kyiv dan bertemu dengan Zelenskyy. Namun, kunjungan Biden justru akan menghadirkan tantangan keamanan yang lebih kompleks. Pemerintahan Biden justru ingin mengirim pejabat tinggi lain, kemungkinan besar Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken atau Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

Pekan lalu, Biden menjawab "ya" ketika ditanya oleh seorang reporter apakah dia akan pergi ke Ukraina. Psaki pun menjelaskan jika ada yang pergi ke Ukraina, pihaknya tidak akan menginformasikan karena alasan keamanan.

Kepala juru bicara Biden juga mengonfirmasi ada harapan untuk membuka kembali kedutaan AS di Kyiv, meskipun dia tidak memberikan batas waktu.

"Itu tentu tujuan kami. Jelas kehadiran diplomatik di lapangan itu penting," ucap Psaki.

Baca juga: Biden Tuduh Putin Lakukan Genosida Ukraina

Di sisi lain, Zelenskyy mengatakan dirinya berpikir Biden akan berkunjung.

"Tetapi itu keputusannya, tentu saja, dan tentang situasi keamanan, itu tergantung," ujar Zelenskyy.

"Saya pikir dia adalah pemimpin Amerika Serikat dan itulah mengapa dia harus datang ke sini untuk melihatnya," tuturnya.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT